1. HOME
  2. V-MONEY
VIDEO

Ternyata, Ada Utang yang Bisa Menambah Pendapatan Kita

Utang baik adalah utang yang bisa menambah nilai aset.

By Febriyani 24 Mei 2016 09:15
Candra Chahyadi, Profesor Keuangan di Eastern Illinois University, Amerika Serikat (youtube.com/Beruang Cerdas)

Money.id - Berutang artinya meminjam uang dan Anda diharuskan mengembalikan uang tersebut. Cicilan utang setiap bulan nantinya akan mengurangi pendapatan Anda. Namun, tahukah Anda, ternyata tidak semua utang berdampak buruk, justru ada utang yang bisa menambah pendapatan?

Menurut Candra Chahyadi, seorang profesor keuangan dari Beruang Cerdas, utang baik adalah utang yang bisa menambah nilai aset. Dengan berjalannya waktu, nilai aset yang Anda beli bisa meningkat bahkan juga bisa memberikan penghasilan tambahan.

Seperti jika Anda membeli apartemen lalu disewakan. Nilai jual apartemen cenderung meningkat setiap tahunnya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan uang sewa untuk membayar angsuran apartemen.

Berbeda dengan utang baik, utang buruk justru tidak menambah nilai aset Anda. Utang jenis ini cenderung digunakan untuk keperluan konsumtif. Dan biasanya nilai barang konsumtif lebih cepat turun dan tidak memberikan tambahan penghasilan. Contohnya, membeli gadget dengan menggunakan kartu kredit.

(f/f)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From V-Money Section