1. HOME
  2. V-MONEY
FOOD

Sensasi Menikmati Pecel Ponorogo Boeyatin

Penemuan resep meracik pecel yang khas ini tidak didapat Boeyatin dalam satu atau dua tahun.

By Febriyani 15 Januari 2017 15:00
Warung Pecel Ponorogo Boeyatin (bpras.com)

Money.id - Tak ada yang istimewa dengan pecel ponorogo Boeyatin. Warung pecel yang terletak di tepi Kali Mas Surabaya, Jawa Timur itu seperti pecel pada umumnya, berupa racikan bumbu kacang yang ditumbuk halus dan ditambah aneka sayuran. Namun jangan ditanya rasanya.

Keistimewaan pecel ponorogo Boeyatin terletak pada rasa yang dihasilkan dari perpaduan kacang tuban dengan aneka bumbu seperti gula, garam, cabai, kencur, dan jeruk purut.

Boeyatin, sang pemilik warung pecel ponorogo Boeyatin mengatakan bahwa kacang tanah asal Tuban bentuknya kecil-kecil dan agak panjang, namun rasanya sangat renyah dan gurih. Kacang yang akan digunakan untuk bumbu pecel tidak boleh digoreng, tetapi harus disangrai dengan api yang diatur tingkat kepanasannya.

Boeyatin juga menambahkan bahwa kacang tanah tersebut tidak boleh terlalu matang atau mentah dan kulitnya harus dikupas. Kacang harus digiling secara manual biar nantinya ada butiran-butiran kacang.

Penemuan resep meracik pecel yang khas ini tidak didapat Boeyatin dalam satu atau dua tahun. Ia memerlukan waktu hampir puluhan tahun sejak warung ini dibuka di kawasan Ketabang, Surabaya, Jawa Timur.

(f/f)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From V-Money Section