1. HOME
  2. V-MONEY
INDUSTRI RUMAHAN

Mengintip Industri Kasur Lantai di Bojonegoro

Para perajin di desa itu bisa meraup omzet hingga ratusan juta rupiah.

By Febriyani 23 Desember 2016 15:00
Kasur lantai Baureno (youtube.com/humasbojonegoro)

Money.id - Kabupaten Bojonegoro memang tak pernah surut dalam menghasilkan produk-produk kreatif. Tak hanya batik dan kayu jati, banyak juga produk kreatif lain yang dikenal hingga ke luar Kabupaten Bojonegoro.

Seperti di Desa Gunungsari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Daerah ini terkenal sebagai gudang perajin kasur lantai Baureno. Sudah bertahun-tahun lamanya, kerajinan kasur ini mulai tumbuh subur di Desa Gunungsari.

Setiap bulan, para perajin di desa itu bisa meraup omzet hingga ratusan juta rupiah, dengan memasarkan ribuan kasur lantai Baureno ke berbagai daerah di dalam dan luar Pulau Jawa.

Seperti Nardi. Ia telah menekuni usaha pembuatan kasur Baureno mulai tahun 2001. Awalnya, ia menjadi sales di Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Setelah lama menjadi sales, ia akhirnya memberanikan diri untuk membuka usaha kasur sendiri.

Hingga saat ini, Nardi sudah memiliki karyawan sebanyak 20 orang. Dalam satu bulan, industri rumahan ini bisa menghasilkan hingga 1.200 buah kasur lantai.

(f/f)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From V-Money Section