1. HOME
  2. V-MONEY
NEWS

Buang Makanan, Supermarket di Negara Ini Akan Dikenakan Denda

Setiap orang Prancis membuang 20 kilogram makanan setiap tahun, dengan biaya sekitar Rp177 triliun hingga Rp295 triliun.

By Febriyani 25 Februari 2016 16:42
Buah dan sayuran di supermarket (youtube.com/NTDIndonesian)

Money.id - Menurut RUU baru yang disahkan oleh Pemerintah Prancis, supermarket besar di Prancis sekarang akan dikenakan denda bahkan dihukum penjara jika menghancurkan makanan yang tak terjual namun masih bisa dimakan.

Selama 30 tahun, sebuah organisasi telah mengumpulkan makanan tak terjual yang dapat dimakan seperti buah, sayuran, yoghurt, daging, dari berbagai supermarket untuk dikirimkan ke badan amal.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi limbah makanan setidaknya 30 persen. Menurut Kementerian Lingkungan Hidup, setiap orang Prancis membuang 20 kilogram makanan setiap tahun, dengan biaya sekitar Rp177 triliun hingga Rp295 triliun.

Pemerintah Prancis setuju untuk mengeluarkan peraturan agar supermarket dengan luas lebih dari 400 meter persegi menandatangani kontrak pada bulan Juli 2016, untuk menyumbangkan makanan tak terjual yang bisa dimakan untuk badan amal atau untuk digunakan sebagai pakan ternak atau kompos pertanian.

Jika tidak mentaati peraturan ini akan dikenakan denda sebesar Rp1 miliar atau dipenjara selama dua tahun.

(f/f)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From V-Money Section