1. HOME
  2. V-MONEY
TIPS DAN TRIK

5 Tips Agar Sinyal WiFi Kuat

Sinyal WiFi bisa lemah karena tidak bisa ditangkap lebih dari 45 meter dari satu router. Apalagi jika terhalang oleh dinding dan permukaan logam.

By Febriyani 27 Januari 2016 08:00
Router WiFi (youtube.com/Vox)

Money.id - Sinyal WiFi pada dasarnya merupakan gelombang radio, sama dengan gelombang elektromagnetik yang ditangkap oleh handphone atau radio Anda. Namun gelombang WiFi ini sangat pendek jika dibandingkan dengan gelombang radio AM yang panjangnya bisa mencapai ratusan meter.

Sinyal WiFi bisa saja lemah, karena tidak bisa ditangkap lebih dari 45 meter dari satu router. Apalagi jika terhalang oleh dinding dan permukaan logam. Jadi, posisi router WiFi Anda menentukan seberapa kuat sinyal yang bisa ditangkap.

Berikut ini 5 tips agar sinyal WiFi kuat:

1. Taruh router di tempat terbuka atau di ruangan tengah rumah Anda. Karena sinyal akan memancar ke semua arah.

2. Jangan taruh router di lantai. Karena sinyal tidak dapat menembus beberapa bahan seperti logam, beton, atau semen.

3. Jauhkan dari barang-barang elektronik. Karena barang-barang elektronik bisa mengganggu sinyal WiFi.

4. Posisi antena satu dan yang lain diarahkan berbeda. Kebanyakan router memiliki dua buah antena. Sebaiknya, posisi antena yang satu ke arah vertikal dan yang satunya lagi mengarah horisontal.

5. Mengukur kekuatan sinyal Anda. Jika jaringan Anda tidak bagus, Anda bisa berkeliling ruangan dan mengukur kekuatan sinyal Anda. Banyak aplikasi yang bisa diunduh untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk menguatkan sinyal.

(f/f)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From V-Money Section