1. HOME
  2. LET'S COOK!
FOOD

Jajal Bikin Martabak Pisang, Camilan Khas Tabalong

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat martabak pisang antara lain...

By Febriyani 29 Januari 2017 15:00
Martabak pisang (youtube.com/TV TABALONG)

Money.id - Kabupaten Tabalong merupakan kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan. Ibu kotanya terletak di Kota Tanjung. Kabupaten Tabalong kaya akan sumber daya alam mulai dari hasil tambang, perkebunan hingga pertanian.

Jika Anda sedang mengunjungi kabupaten yang satu ini, jangan lupa mencicipi camilan khas Tabalong, yakni martabak pisang. Anda bisa menemukan martabak pisang dengan mudah di kawasan Pasar Arba, Kecamatan Banua Lawas, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan.

Tini, seorang penjual martabak pisang memberikan resep membuat camilan khas Tabalong ini. Menurutnya bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat martabak pisang antara lain tepung terigu, mentega, gula pasir, garam, dan pisang talas.

Cara membuatnya pertama-tama masukkan tepung ke dalam mangkuk. Lalu, larutkan 2 sendok teh garam ke dalam air. Kemudian, masukkan sedikit mentega ke dalam adonan tepung dan aduk hingga rata. Agar adonan lengket, tambahkan air yang sudah dilarutkan garam tadi sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan kalis.

Setelah adonan kalis, kemudian bentuk adonan menjadi bola-bola kecil. Sementara itu, untuk bahan isian, potong tipis-tipis pisang talas. Selanjutnya, adonan yang sudah dibuat menjadi bola tadi ditekan-tekan dengan tangan hingga melebar dan tipis.

Lalu, susun pisang talas di atas adonan dan taburi dengan gula yang sudah dicampur dengan tepung. Lipat adonan hingga berbentuk persegi. Langkah terakhir, goreng martabak pisang hingga berubah warna menjadi kecokelatan.

(f/f)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Let's Cook! Section