1. HOME
  2. SHOW-BIZ
BISNIS ONLINE

YouTubers Chandra Liow Untung Puluhan Juta dari Endorsement

Followers-nya di Instagram sudah lebih dari 600 ribu. Wajar ia mematok harga jutaan rupiah dalam sekali posting.

By Dian Rosalina 10 November 2015 12:52
Youtubers Chandra Liow (Instagram)

Money.id - Semakin canggihnya kemajuan teknologi di dunia, semakin banyak pula orang-orang yang memanfaatkan hal tersebut sebagai sebuah peluang usaha, misalnya endorsement. Endorsement adalah sebuah bentuk kerja sama yang dilakukan oleh dua pihak yang memanfaatkan media sosial untuk mendapat keuntungan satu sama lain.

Setelah kemunculan Tyas Mirasih, Sharena Delon, dan Clairine Chistabel yang telah mencicipi manisnya keuntungan endorsement, salah satu Youtubers Indonesia Chandra Liow pun mencoba merambah bisnis ini.

Perkenalannya dengan dunia endorsement dimulai setahun yang lalu, ketika hobinya yang mem-posting video lucunya di Youtube dan Instagram mulai mendapat perhatian dari masyakarakat. Sejak saat itu tawaran dari online shop banyak berdatangan kepadanya, entah lewat Youtube atau Instagram.

Semula Chandra hanya iseng menerima satu permintaan endorsement pertamanya secara gratis yaitu sebuah celana denim untuk pria. Semakin lama permintaan endorsement kepada pria berambut klimis itu semakin banyak. Mereka pun rela membayar jasanya untuk satu kali posting foto.

Meski begitu, Chandra termasuk seseorang yang pilih-pilih mengenai barang yang akan dia promosikan. Ia lebih memilih barang yang memiliki nilai guna untuknya dan yang ia suka. Seperti alat-alat produksi video atau aksesoris kamera.

"Kalau saya memang pemilih untuk urusan endorsement. Ya, rata-rata saya lebih mementingkan alat-alat untuk keperluan produksi video seperti lensa kamera atau aksesoris kamera handphone seperti white lens. Kalau untuk baju gitu, masih bisa cuma sekarang sudah jarang diambil," ujar Chandra saat diwawancarai Money.id di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin 9 November 2015.

Akibat kebanjiran tawaran endorsement dari toko-toko online, mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara ini bercerita juga sering mendapatkan tawaran produk yang aneh. Misalnya beberapa waktu lalu, ia menerima email yang memintanya untuk memasarkan sebuah produk pijakan kaki untuk buang air besar.

"Jadi pernah ada satu tawaran produk aneh yang meminta saya untuk mempromosikan sebuah alat pijakan untuk buang air besar. Produknya seperti tadahan kayu gitu, lalu saat kamu buang air besar di toilet duduk, alat itu membantu kaki kamu seperti kamu sedang jongkok. Karena aneh, saya tolak saja. Habis masa iya saya harus foto sambil buang air besar," ujarnya sambil tertawa.

Youtubers yang telah mencapai 258 ribu subscribers dan 688 ribu followers di Instagram ini mengatakan ia telah mengurangi permintaan endorsement kepadanya karena ia takut akunnya hanya berisikan iklan-iklan toko online.

Setelah diwadahi oleh sebuah agensi management, endorsement Chandra pun kini lebih fokus kepada brand-brand besar. Seperti beberapa waktu lalu ia telah di-endorse oleh brand ternama Soyjoy dan Samsung. Untuk menyewa jasanya pun, kini harus melewati diskusi dengan pihak manajemen.

"Kalau soal harga sih sudah dibawah manajemen, jadi sekarang saya tidak bisa buka-bukaan lagi soal harga," katanya sambil tertawa.

Namun Youtubers yang sering berkolaborasi dengan Andovi dan Jovi De Lopez ini mengungkapkan untuk menyewa jasanya bisa mencapai harga jutaan untuk sekali posting foto di Instagram.

"Melihat follower saya yang sudah menyentuh angka 600 ribuan itu sih wajar kalau pasang harga segitu. Ya, sebulan bisa sih sebenarnya sampai puluan juta. Cuma saya kan memang lagi mengurangi endorsement," katanya.

Meskipun kini ia tengah sibuk dengan kegiatan promosi film terbarunya yang berjudul 'Single' bersama Raditya Dika, Chandra masih ingin terus fokus terhadap profesinya sebagai seorang Youtubers. Namun tidak menuntup kemungkinan suatu saat ia bisa membuat film seperti Raditya Dika. (dwq)

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

(da/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Show-Biz Section