1. HOME
  2. SHOW-BIZ
KAFE

Sonia Eryka, Wanita Muda yang Ubah Hobi Jadi Bisnis

Tak memiliki ilmu bisnis tetapi berani membuka kafe dengan memanfaatkan barang bekas.

By Rizki Astuti 11 Februari 2016 10:33
Sonia Eryka (Instagram)
Tak sedikit orang mengatakan bahwa sukses di usia muda adalah hal yang mustahil dilakukan, namun hal itu dibuktikan oleh Sonia Eryka. Kesuksesan nyatanya memang tak pandang usia, asal ada kemauan kuat.
 
Blogger cantik yang juga mantan penyanyi cilik ini ternyata memiliki usaha di bidang kuliner sejak umur 18 tahun. Ketika memutuskan berwirausaha, Eryka mengaku tak punya ilmu bisnis.

(Sonia Eryka/Instagram)
 
Meski demikian, Eryka ternyata punya passion dalam dunia masak-memasak. Ketertarikannya pada dunia kuliner, yaitu membuat aneka ragam kue. 
 
"Awalnya coba-coba dan mau manfaatin hobi. Karena aku nggak ada basic bisnis (jadi) aku coba pelan-pelan dengan (membuka) kafe kecil-kecilan," ujar Eryka kepada Money.id, Kamis 11 Februari 2016. 
 
Sekitar lima tahun lalu, Eryka mulai berani mendirikan kafe yang diberi nama 'Ninotchka Cafe' yang terletak di kawasan Jakarta Barat. Bermodal kemampuannya membuat kue dan uang Rp100 juta, Ninotchka hadir dengan lima meja khusus untuk para pelanggannya. 
 
Seiring berjalannya waktu, kafe itu kini telah menarik banyak pelanggan. Atmosfer kafe dengan desain dan aksen vintage-lah yang ternyata menarik perhatian. 
 
"(Dulu waktu buka kafe) aku beli barang-barangnya second hand, ada beberapa aksen (desain) juga yang aku buat sendiri," ujar wanita berusia 23 tahun itu. 

(Salah satu sudut di Ninotchka Cafe Jakarta/Instagram)

Usaha Eryka mengubah hobi menjadi ladang penghasilan alias bisnis terbayar. Kini kafe yang terbilang sukses itu telah memiliki penghasilan yang baik.
 
Hal itu diperlihatkannya dari kemampuannya membeli sejumlah barang. "Aku puter aja sih untuk bisnis aku. Cuma saat ini aku udah bisa cicil tempat tinggal sendiri dan punya mobil sendiri. Terlebih pengeluaran pribadi sekarang bisa handle sendiri." (els/poy)

(sm/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Show-Biz Section