1. HOME
  2. SHOW-BIZ
BISNIS ARTIS

Pandji 'Standup Comedy' Berhasil Baca Peluang Bisnis Konten Digital

"Banyak yang mikir saya nggak akan laku jualan dengan cara begini. Tapi buktinya beda."

By Rizki Astuti 7 Maret 2016 15:17
Pandji Pragiwaksono (Instagram)

Money.id - Pandji Pragiwaksono dikenal sebagai seorang pelaku stand up comedy atau disebut komika. Dibalik kepandaiannya melawak, ternyata Pandji pandai berbisnis. Artis serba bisa ini memasarkan berbagai karyanya melalui Wsydn Shop.

Wsydn merupakan kepanjangan dari Wongsoyudan yang diambil dari nama keluarganya. namun terlepas dari hal tersebut, Wsydn Shop yang didirkan sejak 2011 itu menghadirkan karya dalam bentuk konten digital berbayar, mulai dari musik, standup comedy, hingga buku yang dijual di toko.

Pandji merupakan orang pertama yang menjual konten berbayar versi digital. Saat berbincang dengan Money.id, Senin 7 Maret 2016, Pandji mengatakan melalui karyanya, hubungannya dengan para penggemar akan berjalan lebih baik lagi.

"Banyak yang mikir saya nggak akan laku jualan dengan cara begini. Tapi buktinya beda. Artinya orang-orang tuh mau beli digital cuma yang bikin karyanya masih nggak percaya sama fans," kata pria lulusan Institut Teknologi Bandung, Fakultas Seni Rupa, Jurusan Desain itu.

Bukan tanpa sebab dia memutuskan untuk memperjual-belikan karyanya, karena sebelumnya Pandji yang berprofesi sebagai rapper ini, pernah menjual lagunya di sejumlah toko musik, namun prospeknya tak menjanjikan. 

Pandji mengatakan, albumnya lebih laku saat dia memasarkannya di Twitter. Selain itu, Pandji juga ingin memuaskan para fansnya dengan beberapa karya, seeperti video standup comedy dan musik yang dapat dinikmati, secara cuma-cuma alias tanpa biaya.

Meskipun berbayar, Pandji menegaskan harga jualnya cukup terjangkau. Tanpa disangka, setiap bulan penjualan digital download standup comedy paling tinggi di Wsydn Shop, dengan pendapatan puluhan juta per bulan.

"Modal awal Rp200 juta tapi Alhamdulillah langsung nutup di tahun itu. Tahun 2014 saya pakai uangnya untuk bawa anak, istri dan dua nenek jalan-jalan akhir tahun ke Jepang," katanya. 

(Wsydnshop.com)
 
Merchandise dengan Desain Unik
Pandji mengatakan, sebelum menjalankan bisnis tersebut dia sempat dicibir, dari rekan kerja yang diajak berbisnis. "Mereka ngeliat (standup comedy) ini cuma ngomong depan panggung. Saya bilang namanya juga standup dan akhirnya mereka nggak mau produksi. Saya putuskan untuk jual sendiri," jelas Pandji.
 
Tak hanya itu, Wsdyn Shop juga menjual berbagai merchandise dengan desain unik dari berbagai karya Pandji. Mulai dari kaos, jaket hoodie, topi, tumblr, hingga phone case.

Menurut Pandji walaupun profit yang didapat tidak sebanyak digital download. Namun dia pernah menjual jaket hodie sebanyak 250 potong dalam satu minggu.

"Saya percaya dari desain kita lebih unggul. Karena merchandise Pandji tidak harus selalu ada nama saya, tapi membawa spririt dari karya-karya saya," kata ayah dua anak ini.

Sayangnya, merchandise Pandji hanya dijual di Indonesia. Namun tak perlu khawatir, untuk yang tinggal di luar negeri karena masih bisa mendapatkan karyanya lewat digital download.

Wsydn Shop membanderol harga mulai dari Rp50 ribu hingga Rp275 ribu untuk setiap produknya. Pandji juga menyediakan ongkos kirim gratis pada 17 Agustus ke seluruh Indonesia. (els)
 
 

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Show-Biz Section