1. HOME
  2. SHOW-BIZ
BISNIS ARTIS

Ini Cara Bangun Bisnis Travel Agent ala Ramond Y Tungka

Jantung bisnis travel agent adalah...

By Stella Maris 23 April 2016 15:21
Ramon Y Tungka (Money.id/Rizki Astuti)

Money.id - Ramon Y Tungka bukan hanya menjalani profesi sebagai seorang publik figur, dia mulai mengembangkan usaha yang dimulai dari hobi jalan-jalan alias traveling. Bisnis sukses, Ramon memberikan sejumlah tips menjalankan ushanya.

Saat berbincang dengan Money.id beberapa waktu lalu, Ramon mengatakan, kalau bisnis travel agent yang dinamakan Discover Indonesia itu dibangun bersama empat rekannya.

"(Jadi) kalau modal (yang dikeluarkan) sedikit, karena buat PT doang, karena yang penting punya banyak relasi dan teman," kata pria berusia 31 tahun itu.

Bukan hanya itu saja, Ramon juga mengatakan sebelum membangun bisnis tersebut, dia lebih dulu mengumpulkan sejumlah sertifikat. Ya, sertifikat itu dibutuhkan karena Discover Indonesia memberikan jasa perjalanan, bukan hanya adventure saja, tapi juga diving, dan lainnya.

Lalu apalagi?

Pengalaman
Lantaran bisnis ini dimulai dari hobi, otomatis Ramon memiliki segudang pengalaman. Seakan tak ingin menyia-nyiakan ilmu yang dimiliki, Ramon memilih ikut terjun ke lapangan dalam menjalankan bisnisnya.

"Saya ketemu beberapa orang, dapat ilmu dan siap (berbisnis). Saya itu enggak mau bisnis massal, jadi agar tahu pasar, target, dan teknisnya," jelas Ramon.

Sertifikat
Meski tak membeberkan berapa besaran modal yang dikeluarkan ketika mendirikan bisnisnya, namun Ramon menegaskan kalau dia harus mampu meyakinkan pelanggannya, agar percaya menggunakan jasanya.

Salah satunya dengan memiliki sejumlah sertifikat yang berkaitan dengan bisnis travel agent-nya. "Saya mengumpulkan semua sertifikat (diving, sistem reservasi, ticketing, dan lainnya)," jelas ayah satu anak itu.

Strategi
Selain modal untuk pembuatan legal perusahaan dan sertifikat, jantung bisnis travel agent adalah promosi. Setiap dua atau tiga bulan sekali, Discover Indonesia mengadakan promosi.

"Tapi bukan promo yang masif, karena kami mementingkan klien yang loyal dan itu yang dipertahankan. Selain itu, Discover Indonesia juga membuat website (sebagai) media sosial," tutup Ramon.

BACA JUGA

 

 

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Show-Biz Section