1. HOME
  2. SHOW-BIZ
BISNIS ARTIS

Haykal Kamil Beberkan Tips Sukses Bisnis Keluarga

Pembagian gaji, tetap harus rata dan seimbang sesuai dengan pekerjaannya.

By Rizki Astuti 21 April 2016 13:20
Haykal Kamil (Money.id/Rizki Astuti)

Money.id - Bisnis kini menjadi lapangan baru bagi para artis, untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Namun ditengah ramainya artis yang berbisnis, Haykal Kamil tetap konsisten membantu usaha sang kakak, Zaskia Adya Mecca.

Meski pernah mendapat pengalaman tak enak bersama sang kakak, Haykal mengaku tak jera. Itu karena berbisnis dengan keluarga dirasa lebih nyaman.

Kepada Money.id Haykal memberikan tips berbisnis bersama keluarga.

Jangan Takut Memulai
Haykal menyarankan bagi Anda para pebisnis pemula, jangan takut memulai bisnis. Ketika usaha Anda sudah berjalan, coba untuk mengembangkan ide unik.

"Bisnis itu, susahnya cuma pas mau mulai pasti bingung. Walaupun ada modal banyak tapi gimana kita sendiri pertahankan bisnis biar naik terus," ujar Haykal.

Profesional
Saat berbisnis dengan keluarga, harus ditentukan job desk atau bagian masing-masing yang ahli dibidangnya. Sehingga meski berbisnis dengan saudara, menurut Haykal tetap harus dijalankan secara profesional.

Begitu pula dengan pembagian gaji, harus rata dan seimbang sesuai dengan pekerjaannya. Bukan berarti keluarga, sehingga tak perlu dibayar atau lebih ringan.

"Enaknya keluarga, mereka bisa ngerti. Walaupun sudah ada job desk tapi selagi ada yang sakit atau apa kita bantu. Apalagi masalah gaji, harus rata terus diomongin dari awal pas kerja biar selanjutnya enak," katanya.

Perlu Ada Penengah
Haykal mengaku pernah dikeluarkan dari 'Meccanism' oleh Zaskia karena berbeda pendapat. Kendati demikian hal itu tak dijadikannya sebagai halangan untuk tetap berbisnis dengan keluarga.

Agar tidak terjadi hal tersebut, bisnis keluarga Haykal tetap memiliki penengah, yaitu sang ayah yang memantau usaha tersebut.

"Kami selalu bawa papa kalau ada apa-apa. Papa jadi komisaris, istilahnya di bisnis. Misalnya ada masalah apa sama kakak langsung dibahas biar clear jadi enggak ada rasa canggung," kata Haykal. (els)

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Show-Biz Section