1. HOME
  2. SHOW-BIZ
HOLLYWOOD

Doyan Belanja, Michael Jackson Terlilit Utang Triliunan

Bahkan setelah menandatangi kontrak senilai hampir US$1 miliar atau Rp13 triliun, jumlah kekayaan bersihnya hanya...

By Stella Maris 14 Maret 2016 15:15
Michael Jackson (Instagram)

Money.id - Menjadi selebriti papan atas, bukan berarti tak akan mengalami kebangkrutan. Salah satunya Michael Jackson (MJ) yang ternyata sempat mengaku kalau dirinya bangkrut, karena terlilit utang.

Diberitakan laman Money Crash, Senin 14 Maret 2016, MJ yang dinobatkan sebagai entertainer paling sukses sepanjang masa oleh 'Guinness Book of World Records' sempat mengajukan kebangkrutan.

(Neverland Ranch/Today Show Instagram)

Dia tak bisa membayar pinjaman dari kreditur dengan total US$25 juta atau setara dengan Rp325 miliar, atas rumahnya di Neverland Ranch. Rumah seluas 1.902 hektar itu dibeli MJ seharga US$17 juta atau Rp221 miliar.

Rumah tersebut dilengkapi dengan fasilitas mewah, mulai dari bioskop, taman hiburan, landasan helikopter, alat pemadam kebakaran, hingga ada kebun binatang dan sebuah jalur kereta api. Namun ternyata biaya perawatannya sangat mahal, yaitu sekitar Rp130 juta per tahun.

Bukan hanya itu saja, MJ juga terlibat hutang dari sejumlah kreditur berbeda. Semasa hidup, MJ dikenal sebagai pribadi yang doyan berbelanja dan boros. Dalam sebuah film dokumenternya, diketahui sekali perjalanan MJ menghabiskan biaya sekitar Rp78 miliar.

(MJ muda/Instagram)

Bahkan setelah menandatangi kontrak senilai hampir US$1 miliar atau Rp13 triliun, jumlah kekayaan bersih yang bisa diambil tunai hanya sebesar 0,05 persen. Belajar dari MJ, ada pelajaran yang dapat dipetik.

Ketika pendapatan atau memiliki kekayaan bersih, tak perlu bekerja mengeruk banyak uang kalau hanya mau mencari utang. Gaya hidup mewah, dapat ditekan semaksimal mungkin. 

 

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Show-Biz Section