1. HOME
  2. SHOW-BIZ
BISNIS ARTIS

Cynthia Lamusu Ubah Dapur Jadi Lahan Bisnis

Thia mengaku tak jago memasak, tapi usaha itu mampu bertahan selama lima tahun.

By Rizki Astuti 11 Januari 2016 12:31
Nasi kepel 'Dapur Mama Thia' (Dwi Narwoko/Money.id).

Money.id - Cynthia Lamusu adalah salah satu personel AB 3 yang berhasil mengumpulkan pundi-pundi uang dari dapur cantiknya. Ya, wanita yang akrab disapa Thia itu kini membuka bisnis di bidang kuliner, yaitu 'Dapur Mama Thia'. 

Saat berbincang dengan Money.id, Thia mengaku tak jago memasak, tapi usaha itu mampu bertahan selama lima tahun. Kok bisa? 

Thia bercerita usahanya dapat bertahan hingga saat ini, karena keingintahuannya pada resep-resep makanan Indonesia. Sang suami, Surya Saputra yang juga mencintai makanan khas Indonesia, memotivasi Thia untuk terus belajar, menyajikan ragam menu kesukaan. 

"Waktu awal menikah (dengan Surya) aku telepon mama untuk tahu resep makanan Gorontalo," katanya, Senin 11 Januari 2016. 

Surya, kata Thia, adalah orang yang pertama kali mencicipi masakannya. Kepekaan lidah Surya pada makanan, terus memberikan kritik membangun untuknya. Dari situlah, wanita berusia 37 tahun itu mulai memasuki bisnis kuliner. 

"Setelah memasak aku suka posting sendiri di twitter @DapurMamaThia. Kebetulan waktu itu acara Wedding Anniversary, aku masak nasi kuning dan aku bungkus kecil-kecil, itulah ide awal nasi kepel."

(Nasi kepel rasa jambal pete/Instagram)


Modal Rp500 Ribu

Pertama kali, pemeran dalam film 'Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar' itu memulai usahanya dengan modal Rp500 ribu. Namun dari jumlah tersebut, Thia menjadi pebisnis yang berhasil dengan penghasilan puluhan juta per bulan. 

Pendapatan itu, diakuinya dapat membeli dua motor, mobil, dan truk untuk sarana armada delivery 'Dapur Mama Thia'.

"Alhamdulillah, pendapatan yang dicapai dalam bisnis Dapur Mama Thia ini semacam investasi untuk aku juga, dan sekarang aku bisa menambah pegawai lagi," kata perempuan yang lahir tanggal 12 April itu.

Diferensiasi 

Bila biasanya nasi kuning disajikan bersama telur dadar dan nasi dengan rasa yang manis dari angkringan Jawa, Thia mengubah nasi kepel kreasinya. Di setiap menu nasi kepelnya, dia mewajibkan lauk bihun cakalang dengan pedas yang menggelitik lidah.

Konsep inilah yang membedakan 'Dapur Mama Thia' dengan masakan tradisional lainnya. Bukan hanya menu khas Gorontalo saja, Thia juga menyajikan menu khas Jawa dan ada lauk khas Betawi, yaitu Jambal Pete.

Nah, dalam sajian 'Dapur Mama Thia', menu nasi kuning tidak selalu ada alias hanya disajikan di acara tertentu saja. Harga yang ditawarkan relatif terjangkau mulai dari Rp15 ribu untuk nasi kepel reguler dan Rp30 ribu untuk nasi kepel jumbo. Selain itu, Thia juga menyediakan jasa cathering, nasi kotak, dan jasa pembuatan parcel, serta travel pack. (els/ita)

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Show-Biz Section