1. HOME
  2. SHOW-BIZ
BISNIS ONLINE

Berbisnis, Christian Sugiono: Soal Uang, Siapapun Tak Bisa Dipercaya!

Di balik kesuksesan bisnisnya, Tian mengaku pernah ditipu oleh orang kepercayaan.

By Rizki Astuti 20 Januari 2016 13:49
Christian Sugiono (Budi Santoso/Kapanlagi)

Money.id - Berawal dari hobi menulis blog, Christian Sugiono memiliki bisnis startup atau media online yaitu Malesbanget.com (MBDC Media). Dalam menjalankan bisnisnya, pria lulusan Teknologi Informasi, Jerman itu terjun langsung dalam proses coding website tersebut. 

"Untuk buka web, daripada saya bayar orang mahal-mahal mending saya kerjain sendiri. Itu juga termasuk untuk menyalurkan kreativitas," ujar pria yang akrab dispa Tian, beberapa waktu lalu.

Terlepas dari hal terknis tersebut, Tian mengaku modal awal dalam pembuatan website tersebut sekitar Rp20 juta. Uang itu untuk membeli kebutuhan seperti laptop, modem, dan perlengkapan lainnya.

Namun di balik kesuksesan bisnisnya, ada cerita dimana Tian berada di posisi tak menyenangkan. Suami Titi Kamal itu mengaku pernah ditipu orang kepercayaanya.

"Orang yang kita kenal lama dan kelihatannya baik, tapi ketika kita kasih kepercayaan untuk handle lebih besar terutama mengenai uang, (orang itu) bisa berubah," kata pria berumur 34 tahun itu.

Seakan tak ingin membuka luka lama, Tian enggan membeberkan lebih jauh berapa besaran kerugian yang dialaminya. Dia hanya menegaskan, saat ini dalam berbisnis dia lebih berhati-hati.

Oleh karena itu bagi para pebisnis, dalam hal mengatur keuangan usaha, Tian memberikan masukan atau saran demi keberlangsungan usaha yang telah didirikan. 

"Sama siapapun soal uang, udah nggak bisa terlalu percaya banget. Jadi sekarang saya banyak belajar dari (kasus). Kita harus bikin sistem yang bagus, kalau bisa segala celah ditutup dan kita harus memperhatikan soal (manajemen keuangan) itu." (els/ita) 

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Show-Biz Section