1. HOME
  2. SHOW-BIZ
BISNIS ARTIS

Belajar Berbisnis dari Komika Pandji Pragiwaksono

"Karena nggak ada yang bilang bisnis itu gampang," kata Pandji.

By Rizki Astuti 21 Maret 2016 14:52
Pandji Pragiwaksono (Kapanlagi/Budi Santoso)

Money.id - Memiliki usaha dan menjalankannya bukan perkara mudah. Hal itu dialami salah satu komika Tanah Air, Pandji Pragiwaksono yang kini meraih kesuksesan lewat bisnis onlinenya.

Saat berbincang dengan Money.id, Pandji memberikan tips berbisnis, agar senantiasa langgeng. Apa saja tipsnya?

Passion
Menurut Pandji, bisnis berawal dari sebuah passion atau kesukaan. Bila Anda hanya melihat peluang tanpa tahu apa yang disuka, bisa jadi bisnis tidak akan bertahan lama. 

"Karena nggak ada yang bilang bisnis itu gampang. Jika (dibangun) dengan passion pasti kita dengan senang hati mejalankannya," ujar Pandji.

Belajar Saat Sudah Berjalan
Menurut Pandji, belajar bukan hanya dari sebuah buku. Sebanyak-banyaknya buku terkait bisnis yang dibaca, akan sangat berbeda saat Anda sudah menjalankan usaha yang dibangun.

"Pelajaran terbesar itu saat bisnis (adalah ketika) sudah berjalan. Pelan-pelan kita akan belajar dan tahu (bagaimana mengatur dan mempertahankannya)," katanya.

Strategi Bisnis
Pandji pernah mengalami jatuh bangun saat membangun sebuah toko online berbasis konten digital yaitu Wsydn Shop. Pada 2015 terjadi penurunan omzet yang luar biasa, dan kondisi itu membuatnya sadar bahwa perlu melakukan strategi bisnis, agar usahanya bisa terus bertahan.

"Learn from mistakes. Bisnis itu apa yang bisa Anda lakukan. Ketika jatuh, harus bisa bangkit lagi dan bagaimana kita menanggapi hal-hal seperti itu." (els)

Baca Juga

(sm/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Show-Biz Section