1. HOME
  2. SHOW-BIZ
FILM

3 Film Baru Ini Dijamin Memperkuat Rasa Nasionalisme

Untuk mengenang jasa para pahlawan, ada banyak cara yang dilakukan.

By Adhi 18 Agustus 2016 15:07
Ilustrasi (indonesia-bermartabat.com)

Money.id - Bulan Agustus merupakan bulan paling penting bagi rakyat Indonesia. Tiap tanggal 17 Agustus, rakyat Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan.

Untuk mengenang jasa para pahlawan, ada banyak cara yang dilakukan. Salah satunya adalah dengan menyaksikan film-film bertema kemerdekaan, perjuangan, dan nasionalisme.

"Banyak cara menumbuhkan rasa nasionalisme. Salah satunya melalui film-film bertema patriotik. Bahkan film-film Hollywood pun selalu menyajikan kejayaan Amerika Serikat. Indonesia pun bisa melakukan hal yang sama," ungkap Sudhir Syal, Co-Founder dan Managing Director BookMyShow Indonesia dalam keterangan resminya.

Berikut adalah daftar film-film bertema nasionalisme yang sangat cocok ditonton di bulan Agustus ini:

Laskar Di Tapal Batas

Film arahan Bayu Prayogo ini bisa menjadi film pilihan untuk kamu tonton di Hari Kemerdekaan. Laskar Di Tapal Batas mengisahkan Agresi Militer Belanda II pada 1948. Kala itu rakyat Bogor marah ketika Belanda kembali ingin menjajah. Banyak di antaranya secara sukarela menjadi pejuang dengan membentuk kelompok-kelompok kecil yang disebut Lasjkar Rakjat. Film yang berdasarkan kisah nyata ini dibintangi oleh Gorz Kurniawan, Tere Gunawan, dan Sonia Selvans.

Pantja-Sila: Cita-cita & Realita

Film dokumenter ini pun bisa menjadi pilihan kamu tonton. Pantja-Sila: Cita-cita & Realita ini disutradarai oleh Tino Saroengallo dan Tyo Pakusadewo. Aktor Tyo Pakusadewo pun berperan sebagai Presiden Soekarno. Ia menghidupkan kembali pidato Soekarno tanggal 1 Juni 1945 pada sidang BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia). Peristiwa tersebut kemudian dikenal sebagai Hari Kelahiran Pancasila, Dasar Negara Republik Indonesia. Film ini akan tayang 17 Agustus 2016.

3 Srikandi

Film yang terakhir merupakan 3 Srikandi. Film arahan Iman Brotoseno ini terinspirasi dari kisah 3 atlet panahan Indonesia yang mendapatkan medali perak pada Olimpiade Seoul 1988. Ini merupakan medali Olimpiade pertama bagi Indonesia. Kisah 3 Srikandi ini wajib kamu tonton di Hari Kemerdekaan Indonesia, apalagi bertepatan dengan pelaksanaan Olimpiade Rio. Film ini didukung oleh penampilan dari Bunga Citra Lestari, Chelsea Islan, Tara Basro dan Reza Rahadian. (dwq)

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Show-Biz Section