1. HOME
  2. OTOTALK
TIPS MOBIL

Waspada! Ini Penyebab Speedometer Mobil Cepat Rusak

Cara mengemudi kendaraan ugal-ugalan juga bisa menjadi penyebab speedometer cepat rusak.

By Rohimat Nurbaya 23 Januari 2016 15:12
Ilustrasi Speedometer (Toyota Astra Motor)

Money.id - Speedometer merupakan salah satu komponen kendaraan yang memberikan informasi kecepatan mobil. Ketika speedometer rusak tentu akan membuat pengendara tidak tahu tingkat kecepatan ketika sedang melaju.

Apabila speedometer rusak bisa saja membahayakan keselamatan dan pengendara lain, pasalnya pengendara tidak bisa mendetekasi kecepatan secara pasti.

Speedometer yang bekerja maksimal akan memberikan informasi kecepatan secara akurat. Bila speedometer tersebut rusak, maka jarum biasanya akan naik dan turun tidak beraturan dan tidak menunjukkan kecepatan mobil yang sebenarnya.

Dikutip dari laman resmi Toyota Astra, ada beberapa hal harus diperiksa ketika speedometer tidak bekerja dengan maksimal. Berikut tipsnya.

Ketika speedometer rusak, pertama harus diperiksa adalah kabel pada speedometer, perhatikan kondisinya dan periksa ada kerusakan atau tidak. Bila ada kabel speedometer yang putus, tentu akan membuat komponen ini tak bekerja normal.

Kemudian cara mengemudikan kendaraan dengan ugal-ugalan juga bisa menjadi penyebab speedometer cepat rusak. Apabila mobil sedang dikendarai banyak guncangan, maka speedometer juga akan ikut berguncang tidak teratur dan membuatnya rusak.

Selain itu, kerusakan pada speedometer ini bisa disebabkan karena tromol yang rusak sehingga membuat kabel speedometer tidak berputar.

Perbaikan bisa dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan pelumas khusus pada kabel yang berdebu atau karatan, Segera ganti kabel putus dengan membawanya ke bengkel.

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section