1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

Volvo Perkenalkan Mobil yang Dikendalikan lewat Aplikasi Ponsel

Volvo menjadi produsen pertama di dunia yang menggunakan aplikasi untuk mengontrol kendaraan.

By Nur Chandra Laksana 21 Februari 2016 13:01
Volvo keyless Car (tepegraph.co.uk)

Money.id - Ajang pameran teknologi mobile sedunia, atau sering disebut Mobile World Congress (MWC) 2016 akan berlangsung besok di Barcelona. Produsen otomotif Volvo turut meramaikan perhelatan ini.

Di sana Volvo akan memperkenalkan teknologi terbaru mereka, yakni ‘mobil tanpa kunci’. Sebagai gantinya, mobil akan dikendalikan lewat aplikasi ponsel pintar, seperti dilansir dari laman Telegraph.

Kendaraan yang akan dipajang pada MWC 2016 ini adalah Volvo S90 Estate. Nantinya S90 Estate ini akan terkoneksi dengan aplikasi khusus buatan Volvo.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan apapun hanya dengan ponsel pintar, dari membuka kunci, membuka pintu, menyalakan mobil, dan kegiatan lainnya.

Direktur Volvo, Martin Rosenqvist mengatakan teknologi itu adalah bagian dari "perubahan besar" bagi brand dan bagian dari dorongan yang lebih luas di antara produsen mobil untuk mengintegrasikan teknologi digital ke dalam kendaraan.

"Kami masih mengedepankan keselamatan dan keamanan," kata Martin.  "Kami tidak membuat teknologi hanya untuk itu, tetapi juga membuat kehidupan pelanggan kami tidak rumit."

Volvo tidak yakin teknologi ini bisa diadopsi dengan mudah oleh para pemakai kendaraan Volvo. Namun, Martin percaya teknologi ini akan ramai dipakai oleh produsen lain dalam waktu dekat.

Memang ada sebuah kelemahan yang ‘fatal’ bagi teknologi ini, yakni kunci digital ini tidak akan bisa dipakai jika baterai ponsel pintar tersebut habis.

"Kebanyakan orang sekarang menyimpan boarding pass di ponsel mereka. Jadi, driver juga akan memastikan telepon mereka tetap penuh jika mereka tahu itu juga kunci mobil mereka," kata Martin.

Untuk sementara ini Volvo masih menguji coba pada 20 mobil rental yang ada di Gothenburg, Swedia.

Ke-20 kendaraan ini akan dikirmkan kepada mereka yang sengaja ingin mencoba kecanggihan tekologi terbaru dari Volvo ini.

Untuk ketersediaan, Martin menyebutkan bahwa semua tergantung dengan keberhasilan uji coba yang sedang dilakukan. Jika respons para pengguna baik, kemungkinan pada 2017 mendatang Volvo akan mejual mobil ini secara komersial. (poy)

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section