1. HOME
  2. OTOTALK
TIPS MOBIL

Tips Hadapi Jalanan Banjir Saat Musim Hujan

Meski demikian tetap disarankan menghindari banjir apabila bukan karena benar-benar terpaksa.

By Rohimat Nurbaya 22 Januari 2016 09:05
Ilustrasi mobil terendam banjir (Suzuki)

Money.id - Musim penghujan kadang dianggap merepotkan bagi pengendara mobil yang kerap melewati jalur banjir. Ketika mobil dipaksakan menerobos kawasan banjir dipastikan akan mogok.

Dikutip dari laman resmi Suzuki, hal utama harus dilakukan bagi pengendara kendaraan roda empat saat datang musim penghujan adalah mengikuti informasi mengenai area berpotensi banjir.

Dengan cara tersebut bisa mengatur perjalanan dengan menghindari area atau wilayah tersebut.

Tetapi apabila benar-benar terpaksa, ada baiknya pengemudi memperhatikan beberapa tips untuk menghadapi situasi banjir. Berikut daftarnya.

1. Pastikan tidak melewati kedalaman air yang lebih dalam dari knalpot atau saringan udara kendaraan.

2. Gunakan gigi satu ketika menerobos banjir, baik itu untuk transmisi manual maupun otomatis, kemudian jaga kecepatan hingga stabil. Tujuannya supaya menghindari air masuk melalui knalpot.

3. Apabila air melebihi kedalaman tersebut sebaiknya jangan dilewati karena akan mengakibatkan air bisa naik ke lubang hisap udara (intake ) pada kendaraan.

Apabila itu terjadi dapat mengakibatkan kerusakan lebih banyak dan anda akan terjebak di dalamnya.

5. Apabila hal terburuk terjadi pada kendaraan misalnya mati, biarkan kap mesin tertutup untuk menghindari air masuk lebih lanjut. Lalu segeralah keluar dan kunci kendaraan Anda lalu cari tempat yang kering untuk berteduh. (poy)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section