1. HOME
  2. OTOTALK
TIPS MOBIL

Tips Berkendara di Jalan Licin dari Rifat Sungkar

Salah satu tipsnya adalah tidak boleh menggeber-geber mobil di jalan licin, kemudian....

By Rohimat Nurbaya 11 Maret 2016 07:12
Pereli Nasional, Rifat Sungkar (Merdeka.com)

Money.id - Kondisi jalan pada musim hujan tidak bisa diduga. Akibat diguyur hujan biasanya jalan menjadi licin bahkan berlumpur. Apabila pengemudi ceroboh, bisa berakibat fatal dan menyebabkan kecelakaan.

Pereli Nasional Rifat Sungkar mengatakan, ketika menghadapi jalan berlumpur ada beberapa teknik yang bisa dilakukan, supaya terhindar dari kecelakaan.

"Dalam keadaan lumpur atau licin parah kuncinya adalah, throttle control sama posisi gigi yang paling tepat. Itu tidak bisa geber-geber," kata Rifat seperti dikutip dari laman Toyota Astra.

Rifar menuturkan, pengemudi harus mengetahui berapa torsi maksimal yang ada pada gigi dan putaran mesin. Dia juga tidak menganjurkan pengemudi selalu menggunakan gigi 1 ketika melaju pada jalan licin ataupun berlumpur.

"Lebih baik pakai gigi dua, tapi rpm rendah dan torsinya ada. Tidak selamanya gigi satu bener, kadang terlalu gampang spin," katanya.

Menurut dia, sedangkan untuk mobil SUV yang sudah dilengkapi dengan modus off-road, bisa dikendalikan lebih mudah saat berkendara di dalam kondisi semacam ini.

Karena menurutnya modus off-road pada mobil SUV akan mampu mengintegrasikan respons gas yang terintegrasi dengan posisi transmisi dibutuhkan mesin.

Kata dia, pintarnya off-road mode itu begitu mobil lewat di lumpur, throttle respons dan gigi langsung terintegrasi.

"Mode ini akan mencari gigi dan traksi terbaik, orang yang tidak terlalu mahir mengemudi jadi lebih gampang mengendalikan kendaraan," ujarnya. (dwq)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section