1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

Jawab Dulu 5 Pertanyaan Ini Sebelum Anda Beli Mobil

Kita harus berpikir panjang sebelum mengeluarkan uang untuk membeli mobil.

By Abdul Kharis 11 Maret 2016 09:01
Ilustrasi mobil yang dijual (money.id/Abdul Kharis)

Money.id - Memiliki mobil adalah keinginan banyak orang, entah itu berupa kebutuhan ataupun hanya memenuhi gaya hidup. Akan tetapi, kita harus berpikir matang sebelum mengeluarkan uang untuk membeli mobil.

Mengutip dari financialplan.about.com, Kamis, 10 Maret 2016, agar tidak menyesal sesudah membeli mobil, berikut adalah lima pertanyaan yang harus Anda jawab sebelum membeli mobil baru.

1. Apakah Anda sanggup melunasi pembayaran kredit mobil?

Sebelum membeli mobil secara kredit, alangkah baiknya Anda berpikir matang-matang. Jangan karena sudah bernafsu memiliki mobil, Anda sampai tidak berpikir panjang sebelum membeli mobil secara kredit.

Berpikirlah matang-matang, apakah Anda mampu untuk melunasinya. Jangan ketika di pertengahan jalan, Anda tidak sanggup membayar sehingga mobil diambil kembali oleh leasing.

2. Berapakah harga mobil yang Anda beli jika dijual kembali?

Pastikan Anda tahu harga jual mobil ketika akan menjualnya lagi. Harga memang berubah secara perlahan, tetapi setidaknya Anda sudah memiliki patokan harga jual mobil yang akan dibeli. Hal ini dilakukan agar tidak rugi saat menjualnya kembali.

3. Apakah Anda teliti suku bunga kredit mobil?

Jangan mengevaluasi kesepakatan kredit berdasarkan pada angsuran bulanan. Ini adalah perangkap umum dan teknik penjualan mobil.

4. Apakah mobil akan bermanfaat?

Perlu diingat, harga mobil akan terus menurun setiap bulannya. Jangan menghabiskan uang, jika memang Anda tidak memerlukannya.

Anda akan rugi jika memiliki mobil tetapi tidak terpakai seiring dengan harga jualnya yang semakin turun.

5. Apakah Anda tahu biaya kepemilikan mobil?

Nah, Anda harus memperhitungkan biaya untuk menservis mobil setiap bulan dan merawatnya. Ini memerlukan biaya yang besar, coba tanyakan 'apakah sanggup' kepada diri sendiri.

Intinya, jangan terlalu cepat membeli mobil jika Anda belum terlalu memerlukannya. Ditambah lagi dengan keadaan Jakarta yang penuh dengan kendaraan dan macet. Alangkah baiknya, masyarakat menggunakan kendaraan umum sehingga mengurangi kemacetan. (poy)

 

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section