1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

Menguak Misteri di Balik Logo Banteng Lamborghini

Sama-sama asal Italia, Lamborghini merupakan pesaing ketat Ferrari di kelas mobil sport.

By Adhi 3 November 2015 08:30
Logo Lamborghini (themes.com)

Money.id - Italia menjadi rumah bagi dua pabrikan otomotif terkemuka dunia, yakni Ferrari dan Lamborghini. Untuk nama terakhir, Automobili Lamborghini S.P.A. atau yang lebih mahsyur dengan sebutan Lamborghini saja, adalah produsen mobil sport kenamaan yang posisinya mau tidak mau selalu dinilai berada di bawah bayang-bayang Ferrari.

Anggapan itu setidaknya bertahan hingga era 80-an. Namun, ketika Lamborghini merilis dua varian andalan mereka, Aventador dan Gallardo, anggapan itu luntur. Kedua seri mobil itu dipuja dan menjadi mobil yang wajib dimiliki oleh para pesohor dunia.

Selain performa mesin "buas" dan desain anggun, ada satu hal lain yang membuat Lamborghini begitu ikonik. Ya, benar. Logo banteng Lamborghini dinilai tak kalah "menyilaukan" dibanding logo "kuda jingkraknya" Ferrari.

Lantas, apa makna logo Lamborghini itu? Kenapa mereka memilih banteng, yang notabene tidak identik dengan urusan kecepatan?

Menurut informasi yang dikutip dari laman Famouslogos, Selasa, 27 Oktober 2015, alasan pemilihan banteng sebagai logo ternyata terinspirasi dari zodiak sang pendiri perusahaan, Ferruccio Lamborghini.

Ferruccio yang lahir 28 April 1916 merupakan seorang Taurus, salah satu horoscope (bintang) kelahiran yang berlambangkan banteng.

Akan tetapi, persamaan zodiak bukan satu-satunya alasan Ferruccio memilih logo banteng untuk perusahaan otomotifmya. Ia juga seorang penggemar berat olahraga adu banteng. Ferruccio tergila-gila menyaksikan kelihaian matador menaklukan hewan liar itu.

Untuk urusan warna, pemilihan warna emas pada logo Lamborghini juga bukan tanpa alasan. "Dengan warna emas, banteng mewakili konsistensi, kekuatan, dan keberanian," kata Ferrucio.

Rivalitas dengan Ferrari

Konsep logo banteng emas berlatar hitam mungkin terlihat mirip dengan konsep logo Ferrari yang menampilkan desain kuda dengan latar kuning. Kemiripan itu juga ternyata bukan tanpa sebab-musabab. Hal ini kabarnya berhubungan dengan kisah rivalitas di antara keduanya.

Berdasarkan kisah yang melegenda di dunia otomotif, alasan utama Ferruccio Lamborghini membuat mobil sport adalah karena ia pernah "diledek" oleh sang pendiri Ferrari, Enzo Ferrari. Kala itu, Enzo sempat merendahkan Ferrucio dengan mengatakan, "Kami tidak cocok mengendarai mobil berkelas seperti Ferrari." (dwq)

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section