1. HOME
  2. OTOTALK
TIPS MOBIL

Dengarkan Musik Tingkatkan Konsentrasi Saat Mengemudi?

Hasil survei di sejumlah negara membuktikan...

By Adhi 24 Mei 2016 18:44
ilustrasi (powerapple.com)

Money.id - Mendengarkan musik saat sedang berkendara adalah salah satu hiburan yang paling sering dilakukan oleh para penghuni kabin mobil.

Selain itu, lagu favorit yang didengarkan saat berkendara dapat menghilangkan rasa bosan serta perjalanan terasa lebih cepat berlalu.

Menurut sebuah penelitian bertajuk 'Los Angeles In-Car Listening Survei' yang dilakukan oleh Arbiton/ Edison, 1999, diungkapkan bahwa dari 1.000 pengemudi yang disurvei, sebanyak 95% mengemudikan mobilnya sambil mendengarkan musik. Sumber hiburan itu datang dari berbagai perangkat mulai dari radio, CD, kaset, iPod, MP3, iTunes hingga Spotify.

Survei lainnya datang dari Allianz. Dari sebanyak 1.000 pengemudi, 25% di antaranya mengatakan bahwa mendengarkan musik ketika mengemudi mampu meningkatkan konsentrasi dan keamanan.

Penelitian lainnya juga dilakukan di Belanda kepada para pengemudi berusia 19-25 tahun. Dalam penelitian ini, koresponden diminta untuk membuat playlist lagu favorit untuk diputar saat berkendara selama 30 menit di jalanan yang monoton.

Hasilnya mengungkap bahwa musik memang dapat meningkatkan energi dan kewaspadaan dalam mengemudi. (poy)

Selengkapnya, simak di tautan berikut ini.

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section