1. HOME
  2. OTOTALK
FINANCE

Mau Untung? Pertimbangkan 4 Hal Ini Saat Ajukan Kredit Kendaraan

Ada baiknya jika Anda mengajukan permohonan KKB saat bunga sedang turun.

By Dwifantya Aquina 23 Maret 2016 08:25
Salah satu mobil pabrikan Suzuki (Suzuki)

Money.id - Merasa sudah punya cukup uang untuk memulai kredit kendaraan namun tidak tahu kapan saat yang tepat? Ada beberapa pertimbangan yang harus Anda diperhatikan.

Karena kebutuhan mobilitas, kendaraan bermotor saat ini sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat. Penggunaannya pun bermacam-macam, ada yang untuk keperluan pengangkutan barang, ada yang untuk transportasi ke tempat kerja, ada juga yang membeli untuk keperluan keluarga.

Selama transportasi umum masih dianggap belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, maka transportasi pribadi akan terus dicari dan dibeli.

Pertanyaannya, pertimbangan apa saja yang mesti Anda miliki saat membeli kendaraan? Berikut beberapa pertimbangan yang wajib Anda ketahui seperti dikutip dari CekAja.com.

Harga kendaraan

Kendaraan seperti apa yang Anda benar-benar butuhkan? Apa spesifikasinya? Dua pertanyaan tersebut bis amenjadi pedoman. Anda bisa mulai melihat-lihat, membandingkan, dan mengecek harga. Harga kendaraan tentunya merupakan masalah krusial dalam KKB karena akan menentukan besar uang muka dan cicilan di masa depan.

Pilihlah kendaraan yang sesuai kebutuhan dan pastikan harganya benar-benar terjangkau oleh kocek. Selain itu, harga kendaraan bisa naik dan turun seiring dengan waktu. Karenanya, jika kendaraan favorit Anda beebrapa waktu lalu masih bisa dibeli, kemungkinan besar harganya sudah turun sehingga terjangkau oleh Anda. (Baca juga: 6 Langkah Cerdas Ajukan Kredit Kendaraan Bermotor)

Bunga turun

Bunga juga merupakan komponen penting. Bunga akan menetukan besar cicilan Anda di masa depan. Bunga ini ada dua macam, bunga mengambang (floating) dan bunga tetap (flat). Nah, keduanya sama-sama berasal dari perhitungan suku bunga di pasar. Ada baiknya jika Anda mengajukan permohonan KKB saat bunga sedang turun.

Jika Anda bisa mendapat lembaga penjamin berbunga tetap, tentu hal ini akan menguntungkan sekali. Dengan demikian, Anda bisa melakukan angsuran dengan bunga rendah sepanjang masa pinjaman. Bandingkan secara online kredit kendaraan bermotor dengan bunga murah adalah salah satu solusi yang bisa dilakukan.

Lembaga Penjamin

Jika Anda sudah mengantongi harga pasti kendaraan dan sudah tahu rata-rata bunga di bulan ini, langkah selanjutnya adalah mempertimbangkan lembaga penjamin yang tepat. Anda perlu memastikan bahwa lembaga penjamin yang Anda datangi adalah lembaga yang terpercaya dan memiliki reputasi baik sepanjang tahun.

(Baca juga: Beli Mobil Baru, Pilih Kredit Konvensional atau Kredit Syariah?)

Anda bisa menanyakan opini dari teman, saudara, atau tetangga Anda tentang lembaga penjamin terbaik. Anda juga bisa membaca berbagai macam review yang beredar di internet.

Bandingkan Asuransi Kendaraan

Setelah Anda menemukan beberapa lembaga penjamin terpercaya, cobalah untuk memulai membandingkan produk KKB yang ditawarkan masing-masing lembaga. Lihatlah berapa banyak uang muka yang minimal harus dibayarkan, lihatlah berapa besar bunga yang dikenakan, lihat pula perusahaan asuransi kendaraan yang dipakai, sebab kendaraan Anda nantinya akan berurusan langsung dengan perusahaan asuransi saat terjadi klaim.

Selain itu, ketahui juga sistem sanksi yang dikenakan oleh perusahaan penjamin jika Anda terlambat membayar.

Nah, jika Anda sudah mempertimbangkan keempat hal ini dengan seksama maka sekarang adalah saat yang tepat untuk mengajukan KKB di lembaga penjamin pilihan Anda.

 

Baca Juga

 

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section