1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

Kunci Tertinggal di Dalam Mobil? Ini yang Harus Anda Lakukan

Kunci Anda tertinggal di dalam mobil dan sialnya, mobil sudah terkunci secara otomatis? Begini jalan keluarnya.

By Adhi 28 April 2016 18:06
Ilustrasi kunci tertinggal di dalam mobil (totalcar.hu)

Money.id - Baik pengemudi mobil yang sudah sarat pengalaman maupun pengemudi yang baru bisa mengendarai mobil, pasti pernah mengalami hal yang satu ini.

Ya, kunci Anda tertinggal di dalam mobil dan sialnya, mobil Anda sudah terkunci secara otomatis.

Faktor terburu-buru atau lupa, biasanya menjadi penyebab utama tertinggalnya kunci mobil di dalam. Kalau sudah seperti ini, seringkali Anda tak tahu apa yang harus dilakukan.

Biasanya, dealer tempat Anda membeli mobil sudah memberikan kunci cadangan untuk kasus seperti ini. Tapi, kebanyakan orang cukup malas untuk mengambilnya ke rumah, apalagi jika jarak rumah cukup jauh dari lokasi mobil Anda saat itu.

Tak perlu risau, berikut kami beberapa tips untuk menanggulangi hal-hal semacam ini sebagai mana yang disarankan oleh Toyota Astra:

- Salah satu cara yang paling jelas ketika kunci Anda ketinggalan di dalam mobil adalah dengan membawa kunci cadangan baik dalam dompet atau dalam tas. Tapi kebanyakan pengguna mobil menyimpan kunci cadangan itu di rumah atau tempat lainnya yang dirasa aman. Pasalnya dompet maupun tas riskan hilang, entah bisa karena lupa menyimpan, atau bahkan hilang karena kecurian.

- Anda juga bisa menyembunyikan kunci cadangan pada bagian tertentu pada eksterior mobil Anda. Baik dealer mobil maupun toko aksesoris saat ini banyak menyediakan kunci magnetik yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan kunci cadangan tersebut. Kreatiflah untuk menyembunyikan kunci tersebut dimana orang lain tak memperkirakan bahwa Anda akan menaruhnya di tempat itu.

- Jika mobil Anda memiliki fitur self-locking doors (kunci otomatis), ada baiknya Anda membiasakan diri untuk mengunci mobil dengan cara menekan kunci pintu dari dalam mobil dan kemudian tutup pintu itu lalu secara otomatis mobil akan terkunci dengan sendirinya. Tapi ingat, cabut kunci mobil setelah Anda mematikan mesin sebelum Anda melakukan cara penguncian seperti ini.

- Jika Anda memiliki balita di dalam mobil, jangan pernah melangkah keluar dan menutup pintu dengan kunci kontak. Ketika anak balita Anda menyentuh beberapa bagian interior mobil, bisa jadi ia secara tidak sengaja mengunci pintu mobil dari dalam. Selalu bawa kunci mobil ketika Anda keluar mobil, atau jangan kunci sama sekali ketika Anda memiliki balita di dalam mobil.

- Cara lain ketika Anda terkunci di luar mobil adalah dengan cara menelepon polisi setempat untuk meminta bantuan. Atau bisa juga Anda menelepon jasa otomotif (bengkel) terdekat untuk membantu Anda menyelesaikan masalah tersebut.

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section