1. HOME
  2. OTOMOTIF
  3. OTOTALK
FINANCE

Keuntungan Kredit Mobil Dibandingkan Beli Secara Tunai

Ada beberapa keuntungan yang hanya diperoleh jika Anda membeli mobil secara kredit.

By Dwifantya Aquina 12 September 2016 07:02
Kredit mobil terbukti lebih menguntungkan (Money.id/Dwi Narwoko)

Money.id - Pembelian mobil secara kredit semakin diminati. Terlebih bila wacana Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang akan menurunkan DP 0% kredit kendaraan terwujud, pertumbuhan kredit kendaraan di Indonesia bakal makin melesat.

Terlepas dari wacana tersebut, kredit mobil memang menguntungkan. Bahkan, ada beberapa keuntungan yang hanya diperoleh jika Anda membeli mobil secara kredit. Apa saja keuntungan yang dimaksud? Berikut ini penjelasannya seperti dikutip dari CekAja.com:

Langsung dapat asuransi

Asuransi kendaraan adalah perlindungan yang wajib dipunyai pemilik mobil. Ada dua jenis asuransi yakni total loss only yang memberikan pergantian bila mobil hilang atau rusak parah, dan all risk yang menggaransi semua risiko mulai dari lecet hingga rusak parah. Nah, bila Anda membeli mobil secara kredit, Anda akan langsung mendapatkan asuransi kendaraan.

Jadi, tanpa perlu repot lagi, asuransi kendaraan sudah otomatis memproteksi mobil Anda. Keuntungan lainnya, ketika Anda membayar cicilan kendaraan secara otomatis pula premi asuransi sudah Anda lunasi. Jadi, Anda tidak perlu cemas terlambat atau lupa membayar premi asuransi mobil kesayangan Anda.

Tidak perlu menabung lama untuk memiliki mobil

Cukup membayar sejumlah uang muka, pembeli bisa langsung membawa pulang kendaraan pilihan. Bayangkan jika tidak ada fasilitas kredit kendaraan, Anda mungkin harus menunggu lebih lama lagi hingga tabungan terkumpul. Belum lagi jika tabungan sudah terkumpul, harga mobil justru naik. Bisa-bisa semua orang gigit jari. (Baca juga: Enam Miliarder Indonesia yang Ternyata Berasal dari keluarga Miskin)

Sisa uang bisa digunakan untuk keperluan lain

Jika Anda memiliki uang yang cukup untuk membeli mobil secara tunai sekalipun, kredit kendaraan akan jauh lebih menguntungkan. Sebab, Anda masih bisa menggunakan sisa uang tersebut untuk membiaya keperluan lain.

Contohnya bila Anda ingin memulai bisnis. Dengan kredit kendaraan Anda bisa menggunakan uang yang ada untuk membeli kendaraan usaha sekaligus menambah modal.

Menghemat pengeluaran

Di tengah kondisi transportasi umum yang belum menunjang, biaya transportasi bisa sangat mahal. Terlebih bagi kamu yang memiliki mobilitas tinggi. Berganti-ganti kendaraan umum bisa membuat pengeluaran membengkak.

Tidak heran jika orang Indonesia masih tertarik menggunakan kendaraan pribadi. Selain lebih hemat, kendaraan pribadi juga jauh lebih nyaman dibandingkan menggunakan kendaraan umum. (Baca juga: Kalau Kamu Mau Kaya Seperti Miliarder Dunia, Ini Target yang Harus Dicapai)

 

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Ototalk Section