1. HOME
    2. OTOTALK
MOBIL LISTRIK

Keren! Ini Mobil Listrik Nasional Buatan ITB

Anggaran riset dan produksi mobil listrik bersumber dari APBN. Pemerintah menunjuk lima kampus untuk pengembangan, salah satunya ITB

By Rohimat Nurbaya 24 Agustus 2016 15:31
Mobil Listrik Buatan Kampus ITB (Merdeka Bandung)

Money.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) jadi salah satu kampus yang melakukan riset mobil listrik nasional. Prototipe mobil listrik itu sudah dipertontonkan oleh kampus teknik paling bonafide di Kota Kembang itu.

Dikutip dari laman Merdeka Bandung, mobil listrik yang dibuat mulai dari kendaraan angkutan perkotaan yang bentuknya mirip minibus, angkutan pedesaan yang modelnya mirip pickup, kendaraan pribadi jenis sedan, hingga kendaraan pengantar surat yang modelnya mirip bajaj.

Asisten peneliti mobil listrik ITB, Umar Solahudin mengatakan riset mobil listrik sudah dilakukan sejak 2012. Dimulai dengan penyusunan konsep. Perjalanan berikutnya, pada 2014 mulai dilakukan produksi kerja sama dengan PT Pindad dalam membuat motor atau mesin.

“Yang 100 persen buatan kita itu mesinnya, kami membangun dari nol kerja sama dengan PT Pindad," kata Umar.

Komponen lain yang dibuat sendiri adalah inverter hasil kerja sama dengan PT LEN. Inverter atau motor drive berfungsi sebagai sistem kendali dan sistem pengerak. Untuk pembuatan baterai, chasis, bodi dan lain-lain bekerja sama dengan PT Nipress Tbk, PT Telehouse Engineering, PT Boneo Daya Utama, dan PT Grain EV.

Proses riset dan pembuatan mobil listrik ini juga melibatkan kerja sama antar keilmuan, mulai dari Sekolah Teknik Elektro Informatika, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknologi Industri, dan Fakultas Teknik Mesin dan Kedirgantaraan.

 

 

Halaman Selanjutnya....Terkendala Dana

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section