1. HOME
  2. OTOMOTIF
  3. OTOTALK
OTOMOTIF

Ini Koleksi Mobil Mini Terpopuler dari Berbagai Negara

Brand mobil mini yang cukup terkenal dan terbukti menguasai pasar adalah...

By Azalia Amadea 8 Oktober 2016 17:20
BMW Isetta (cnn.com)

Money.id - Selama ini orang mengira mobil milik Mr Bean adalah yang paling mungil dan unik. Namun, sebenarnya ada banyak mobil mini lain yang tidak kalah keren dan canggih.

Melansir laman CNN, Sabtu 8 Oktober 2016, kecenderungan memiliki mobil mini ini umumnya didorong oleh kepedulian terhadap ruang, biaya dan efisiensi bahan bakar. Pabrikan mobil Eropa dan Jepang sangat peduli tentang tiga hal tersebut. Justru ketiga faktor itu kurang menjadi perhatian bagi pabrikan mobil di Amerika Serikat, Timur Tengah, dan China.

Eropa menawarkan sederet brand mobil mini yang cukup terkenal dan terbukti menguasai pasar. Beberapa brand tersebut seperti Mini Cooper, Fiat 500 dan Volkswagen Beetle yang sekarang memiliki penjualan luar biasa selama 167 tahun.

Mini, 500 dan Beetle semuanya telah diciptakan untuk pelanggan modern dan menariknya versi terbaru mereka lebih seperti item fashion daripada alat transportasi.

Sementara itu, Jepang memiliki hukum resmi yang mengatur klasifikasi kendaraan agar bisa disebut mobil mini. Aturan tersebut meliputi ukuran panjang dan lebar sebuah kei-car yang tidak boleh lebih dari 3,4 meter dan 1,48 meter. Ukuran mesin maksimum hanya 660 cc atau sedikit di atas sepeda motor kelas menengah. 

BMW Isetta
© 2016 money.id/cnn.com

Bahkan yang lebih ekstrem, sudah ada kendaraan yang begitu kecil hingga hampir tidak memenuhi syarat untuk disebut sebagai mobil.

'Mobil' itu adalah BMW Isetta yang hanya memiliki dua kursi dan tiga roda. Pengemudi masuk dengan membuka seluruh bagian depan kendaraan. Panjang hanya 2,29 meter. Dapat dikatakan Isetta setengah-mobil, setengah sepeda motor.

BMW kemudian memperluas modelnya dengan Isetta 600 yang memiliki badan mobil seluas 70 cm lebih panjang dengan dua kursi dan empat roda.

Peel P50 justru menjadi pemegang rekor dunia Guinness untuk mobil terkecil di dunia ini panjangnya hanya 1,3 meter atau kurang dari sepertiga panjangnya Mini Cooper modern.

Awalnya dikembangkan di Isle of Man pada tahun 1960an, P50 hanya punya satu tempat duduk, tiga roda, pintu tunggal dan tidak memiliki gigi mundur. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Ototalk Section