1. HOME
  2. OTOTALK
CEK AJA

Ini Ciri Kendaraan yang Wajib Dilindungi Asuransi

Di antara semua kendaraan, ada kendaraan tertentu yang jauh lebih membutuhkan asuransi.

By Dwifantya Aquina 23 April 2017 08:27
Mobil Fiat (Money.id/Dwi Narwoko)

Money.id - Semua kendaraan, baik baru maupun bekas butuh diasuransikan. Anda tentu tidak mau kan terkena musibah finansial karena kendaraan yang baru Anda beli hilang atau mengalami kerusakan?

Tapi, di antara semua kendaraan, ada kendaraan tertentu yang jauh lebih membutuhkan asuransi. Sebab, tanpa asuransi pemilik kendaraan-kendaraan berikut ini akan mengalami rugi dua kali lipat. Bagi Anda yang memiliki kendaraan dengan ciri berikut ini, yuk segera daftar asuransi kendaraan sekarang juga.

Kendaraan digunakan setiap hari

Berhubung kendaraan dipakai setiap hari, mulai dari pergi ke kantor hingga hingga belanja ke pasar. Maka, risiko yang mengancam kendaraan juga semakin tinggi. Bukan itu saja, semakin sering kendaraan dipakai maka perawatannya juga harus semakin intensif.

Bila kendaraan yang Anda miliki memiliki ciri tersebut, mau tak mau Anda harus melindungi kendaraan dengan asuransi. Daripada harus keluar uang banyak ketika terjadi hal-hal yang tak diinginkan, lebih baik gunakan asuransi sehingga beban finansial  bisa dialihkan dari kantong Anda. (Baca juga: 8 Bukti Kamu Punya Banyak Keuntungan Saat Jadi Karyawan)

Kendaraan digunakan untuk bekerja

Bila kendaraan Anda digunakan untuk operasional mencari pemasukan, entah itu untuk bisnis ataupun kerja, wajib melindunginya dengan asuransi kendaraan. Sebab, posisi kendaraan Anda sangat penting bagi kehidupan finansial Anda. Tanpa kendaraan tersebut, Anda bisa kesulitan untuk bekerja atau bahkan tidak dapat menjalankan bisnis karena kendaraan itu digunakan sebagai alat usaha. Bila kondisinya seperti itu, jangan pikir dua kali untuk mendaftar asuransi kendaraan secara online.

Kendaraan dibeli secara kredit

Bila Anda membeli kendaraan secara kredit, maka wajib menggunakan asuransi. Bukan berarti kendaraan yang dibeli secara tunai tidak perlu asuransi, melainkan kendaraan yang dibeli secara kredit bisa membuat bencana finansial bila tidak dilindungi asuransi.

Contohnya, Anda baru saja membeli mobil dengan tenor 3 tahun. Saat cicilan mobil Anda jalan di bulan ketiga, Anda mengalami musibah. Mobil tersebut hilang dicuri. Tanpa asuransi, Anda diwajibkan untuk melanjutkan cicilan hingga lunas. Hal ini tentu akan menjadi kerugian telak. Itulah alasan utama mengapa pembelian kendaraan secara kredit wajib dilengkapi dengan asuransi kendaraan.

Kendaraan dibeli dengan susah payah

Bila Anda memiliki uang cukup banyak untuk membeli kendaraan baru setiap saat terjadi risiko, asuransi seperti bukan hal yang mendesak untuk dimiliki. Namun, bila Anda membeli kendaraan tersebut dengan susah-payah, bahkan harus mencicil selama bertahun-tahun, kendaraan tersebut haruslah diasuransikan.

Jangan tunda lebih lama lagi sehingga risiko datang lebih dulu dan membuat keuangan Anda berantakan. (Baca juga: 4 Bisnis Modal Mini yang Cocok untuk Orang Tertutup)

Baca Juga

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section