1. HOME
  2. OTOTALK
TIPS MOTOR

Ikuti Tips Aman Mudik Lebaran Naik Motor

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, mudik menggunakan sepeda motor sudah menjadi kultur dan tradisi.

By Arry Anggadha 28 Juni 2016 09:09
Pemudik sepeda motor (simomot.com)

Money.id - Pulang kampung dengan sepeda motor diperkirakan masih menjadi salah satu favorit saat mudik tahun ini. Diperkirakan sebanyak 5 juta sepeda motor bakal melintasi jalur mudik.

Kementerian Perhubungan mengimbau kepada para pemudik dengan sepeda motor untuk mengikuti aturan yang ada. Sebab, total kecelakaan yang terjadi pada masa arus mudik, sekitar 70 persen disebabkan sepeda motor.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memberikan beberapa imbauan kepada para pemudik sepeda motor. Menurutnya, pemerintah sudah berkali-kali mengingatkan para pemudik agar tidak menggunakan sepeda motor karena alasan keselamatan. Namun, bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, mudik menggunakan sepeda motor sudah menjadi kultur dan tradisi.

"Ini bukan sekedar hanya masalah keselamatan, tapi ini menjadi suatu kegembiraan tersendiri juga secara kultur (untuk mudik dengan sepeda motor)," kata Menteri Ignasius Jonan seperti dikutip dari laman Kemenhub.

Beberapa imbauan Jonan yaitu, agar pemudik sepeda motor tidak menargetkan tenggat waktu untuk sampai ke tujuan. "Misalnya dari Jakarta berangkat habis buka. Targetnya sampai Pemalang sebelum sahur. Nggak usah begitu. Kalau capek ya berhenti dulu," ujarnya.

Selain itu, Menteri Jonan juga meminta kepada pemudik untuk menghindari perjalanan malam hari. "Kalau bisa berangkat setelah jam 6 pagi atau setelah sahur dan berhenti sebelum magrib. Setelah magrib lebih baik berhenti (istirahat saja). Karena sepeda motor memang tidak dirancang untuk perjalanan jarak jauh. Apalagi motor bebek, masak digunakan 300-400 km tanpa henti," ujarnya.

Terkait program mudik gratis bagi pemudik sepeda motor, Menhub Jonan mengatakan tahun ini total kuota sepeda motor yang diangkut mencapai 24.000 unit. Saat ini kuota telah terisi sekitar 80 persen baik yang diangkut dengan truk maupun kereta api.

Kemenhub mendorong semua pihak untuk mengadakan program serupa dalam rangka mengurangi pemudik sepeda motor yang semakin meningkat setiap tahunnya. Tentunya dengan tujuan untuk meningkatkan keselamtan dan keamanan dalam bertransportasi yang menjadi salah satu fokus kerja Kemenhub.

Baca Juga

(aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section