1. HOME
  2. OTOTALK
TIPS MOBIL

Hindari Dua Hal Ini Ketika Berkendara Saat Hujan

Hujan kadang-kadang jadi momok bagi pengendara.

By Rohimat Nurbaya 5 Februari 2016 07:37
Ilustrasi mobil kebanjiran (Otosia)

Money.id - Musim hujan telah tiba, bagi pengendara hal tersebut kadang jadi sebuah momok. Ada yang harus diantisipasi, misalnya hujan deras disertai angin kencang dan banjir.

Dikutip Toyota Astra, hujan deras dan angin kencang bisa membahayakan kendaraan, pasalnya papan iklan atau pohon bisa jatuh mengenai kendaraan.

Untuk itu, akan lebih baik jika Anda selalu berusaha memposisikan kendaraan di tengah jalan dan selalu gesit ketika berkendara. Usahakan untuk tidak parkir kendaraan di bawah pohon besar atau papan iklan ketika parkir kendaraan saat cuaca sedang buruk.

Bahaya buruk lainnya adalah genangan air dari jalanan berlubang. Anda tentu tidak bisa memastikan secara pasti berapa volume air pada jalanan berlubang tersebut. Untuk itu harus berusaha menghindari lubang. Atau jika bisa, hindari agar kendaraan tidak melewati genangan air.

Bahayanya, bila kendaraan sampai melintasi lubang jalan yang digenangi air, bisa jadi mobil terkena aquaplaning di mana cengkraman ban ke aspal akan semakin berkurang. Kondisi ini akan membuat seolah-olah ban mengambang karena genangan air tersebut.

 

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section