1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

Deretan Kendaraan Perang Paling Canggih di Dunia (II)

Kendaraan perang itu diciptakan sedemikian rupa, biasanya digunakan sebagai pengangkut personel atau penunjang peralatan perang lain.

By Rohimat Nurbaya 10 Desember 2015 15:46
EFV/Rhino Runner/LCAC (army-technology/the-war-diaries/Wikipedia)

Money.id - Beberapa negara tidak henti-hentinya membuat berbagai kendaraan perang canggih, terutama yang kerap dilanda konflik.

Kendaraan perang itu diciptakan sedemikian rupa, biasanya digunakan sebagai pengangkut personel atau penunjang peralatan perang lain.

Dihimpun money.id dari militaryfactory.com danĀ military-today.com tercatat ada 10 kendaraan perang canggih dimiliki beberapa negara di dunia. Berikut daftarnya:

Baca Juga: Deretan Kendaraan Perang Tercanggih di Dunia (I)

6. Landing Craft Air Cushion (LCAC)

(Wikipedia)

Kendaraan ini digunakan sebagai kapal pendarat oleh Angkatan Laut Amerika Serikat. LCAC juga digunakan untuk mengangkut senjata, peralatan dan alat serangan lainnya. Kendaraan unik ini juga digunakan oleh angkatan laut Jepang.

LCAC pertama digunakan pada tahun 1987 di atas kapal USS Germantown (LSD-42). Kendaraan ini bisa memuat 180 orang tentara. Lebar LCAC mencapai 168 meter persegi dan mampu membawa muatan hinga 60 ton.

7. Expeditionary Fighting Vehicle (EFV)

(army-technology.com)

Expeditionary Fighting Vehicle (EFV) merupakan kendaraan serbu amfibi digunakan oleh Korps Marinir Amerika Serikat.

Kendaraan tersebut menggunakan mesin diesel bertenaga 2800 tenaga kuda. EFV bisa melaju dengan kecepatan maksimum 46 kilometer per jam di air.

8. Rhino Runner

(the-war-diaries.com)

Rhino Runner merupakan bus lapis baja. Kendaraan ini banyak digunakan saat perang Irak karena dianggap sebagai alat transportasi yang aman untuk mengangkut kontraktor sipil dan tentara.

Kendaraan ini juga biasa digunakan mengangkut tahanan Irak dari pengadilan ke penjara. Mobil tersebut terdiri dari tiga ukuran ada yang bisa memuat 17 orang, 24 orang dan 36 orang.

Rhio Runner dibekali mesin turbo diesel 6 silinder 5.800 cc. Kemudian dilengkapi dengan pintu samping dan belakang, serta 12 senjata yang disimpan secara tersembunyi.

9. M270 Multiple Launch Rocket System

(military-today.com)

Kendaraan ini digunakan dalam perang teluk dan perang Irak. Jumlah produksi kendaraan ini sudah mencapai 1300 unit.

M270 Multiple Launch Rocket System dilengkapi roket sebagai senjata. Kendaraan dianggap paling efektif digunakan saat berperang.

10. PTS Amphibian

(military-today.com)

Kendaraan ini mulai diproduksi pada pertengahan 1960an, mengangantikan K-61 amphibian. PTS Amphibian digunakan militer Rusia, Mesir, Irak, Uruguay, Yugoslavia.

Biasanya kendaran ini digunakan sebagai pengangkut pasukan, senjata, serta sebagai kendaraan operasional penyebrangan sungai, dan digunakan pada jalan terjal. (poy)


Suka Artikel Ini? Klik Like

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section