1. HOME
  2. OTOTALK
HELM ROSSI

Deretan Helm Unik Valentino Rossi (I)

Helm Valentino Rossi memiliki arti tertentu, tetapi menitikberatkan pada desain utama matahari dan bulan.

By Rohimat Nurbaya 16 November 2015 08:02
Valentino Rossi (Foto: motovue.net)

Money.id - Valentino Rossi terkenal sebagai pembalap nyentrik. Dia selalu melakukan hal unik, baik selebrasi kemenangan maupun kostum.

Biasanya salah satu jadi ciri khasnya adalah helm. Pada momen tertentu pemalap berjuluk The Doctor itu selalu menganakan desain helm spesial. Dikutip dari rossihelmets.com berikut deretan helm unik Valentino Rossi.

1. AGV The Sun and Moon Helmet (1996)

Foto: revzilla.com

Pada 1996 ketika balap di kelas 125 cc, Rossi membela Tim Aprillia dan mendapat helm dengan motif matahari dan bulan.

Motif itu sampai sekarang masih digunakan dan menjadi awal semua kisah perjalanan The Doctor merengkuh berbagai gelar juara di MotoGP

2. AGV Suzuka Helmet (1997)

Foto: rossihelmets.com

Rossi memiliki banyak penggemar di Jepang. Dia dijuluki Rossifumi. Nama itu diambil dari nama pembalap Jepang idola Rossi yakni, Norifumi Abe.

Sayangnya Abe tewas karena tabrakan dengan truk saat berkendara di jalanan Autralia pada 7 Oktober 2007.

3. AGV Tricolore Imola (1998)

Foto: rossihelmets.com

Race di Imola pada 1998 menjadi awal langkah Rossi jadi juara. Dia tampil memakai helm motif hijau putih merah seperti bendera Italia.

Perancang membuat corak helm ini dengan desain sederhana namun menarik. Supaya senada dengan helm Rossi pun rela mengecat rambutnya.


4. AGV Peace and Love Helmet Mugello (1999)

 

Foto: rossihelmets.com

Tulisan Valentipeace and Love di helm tersebut sebagai bentuk penghargaan bagi kedamaian dan cinta.

Kartun berbentuk angka di bagian belakang berasal dari kartun Itali 'Paparinik'. Kemudian dimodifikasi sesuai style-nya jadi 'Valentinik' yang jadi julukan Rossi saat itu.

5. AGV 1999 World Champion Helmet

 

Foto: rossihelmets.com

Helm ini dibuat sebagai perayaan kemenangan Rossi. Desain helm masih mirip dengan sebelumnya, hanya saja gambar matahari dan bulan sedikit ditarik condong ke belakang.Kemudian di bagian depan dikelilingi angka 46 dan bunga. 

6. AGV Rossi Sun and Moon (2001)

Foto: rossihelmets.com

Helm ini masih identik dengan gambar matahari dan bulan, namun warna merah lebih dominan dari kuning. Sinar matahari di helm itu ditambah angka 46 pada sisi kanan dan kiri bawah.

7. AGV Mugello 2001 Hawaiian

Foto: rossihelmets.com

Helm style hawaiian ini hasil rancangan Aldo Drudi. Konsepnya bunga-bunga. Warna dominannya biru dengan taburan bunga sepatu di setiap sisi helm.

Kemudian gambar wajah Rossi dipasang di bagian depan, sementara di bagian belakang terdapat gambar bulan.

8. AGV Sepang 2001

 

Foto: rossihelmets.com

Helm tersebut dipakai Rossi menjelang dua seri terakhir musim 2001. Desain helm tersebut mengadaptasi dari helm sebelumnya, tetapi warna dan gambar diubah.

Warna helm sebelumnya yang tadinya oranye pada sinar matahari berganti menjadi kuning, sementara warna biru di belakang diganti menjadi hitam, serta gambar wajah komik Rossi diganti dengan bunga.

9. AGV Rossi Suzuka Helmet (2002)

Foto: rossihelmets.com

Setiap balapan di Suzuka, Rossi selalu membuat desain helm baru. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan helm sebelumnya yang didesain khusus untuk di sirkuit kesukaaannya itu, karena simbol matahari di sisi kanan terlihat jelas, menyerupai bentuk bunga dan tetap mempertahankan warna cerah.

Sedangkan di sisi kiri, masih ada gambar bulan dengan latar warna gelap. Helm ini campuran style lama dan tambahan motif baru pada gambarnya.

10. AGV Mugello Helmet (Graziano Tribute)

Foto: rossihelmets.com

Helm ini digunakan Valentino Rossi untuk menghormati ayahnya bernama Graziano Rossi, yang mantan pembalap.

Desain helm sama persis seperti helm yang dipakai ayahnya. Warna putih jadi background utama helm itu.

Kemudian Warna bendera Itali terlihat melilit di sepanjang helm dan angka 46 tersemat di sisi atas helm. Pada bagian belakang terdapat gambar 22 ikon yang mewakili kepribadian Rossi. (poy)

(rn/rn)

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section