1. HOME
  2. OTOTALK
FINANCE

Alasan di Balik Penolakan Klaim Asuransi Kendaraan

Seringkali Anda kesal ketika klaim asuransi kendaraan ditolak, padahal sebenarnya Anda tidak paham benar maksud penolakan itu.

By Dwifantya Aquina 2 Mei 2016 10:43
Ilustrasi klaim asuransi kendaraan (Money.id/Abdul Kharis)

Money.id - Karena kurang memperhatikan poin-poin perjanjian dalam asuransi, pemegang polis sering kesulitan saat mengajukan klaim asuransi kendaraan. Bahkan, ada pula klaim asuransi yang Anda ajukan malah ditolak.

Padahal, sebenarnya aturan mengenai klaim asuransi ini sudah dimuat dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia. Ketahui 6 hal ini, maka Anda pun akan terhindar dari penolakan tersebut.

Kurang detil baca polis

Polis memuat segala hal tentang klaim. Karena itu, saat membaca polis bila ada hak dan kewajiban yang tidak kita mengerti, maka sebaiknya tanyakan langsung kepada petugas asuransi. Apabila hak dan kewajiban tersebut kurang sesuai dengan keinginan, bisa juga Anda melakukan negosiasi dengan pihak asuransi dan mengganti poin-poin yang ingin kita ubah. (Baca juga: Cara Perpanjang Polis Asuransi Kendaraan Secara Otomatis)

Modifikasi dilakukan berlebihan

Saat mendaftar, pihak asuransi akan mencatat kondisi mobil atau bentuk mobil sesuai kondisi saat Anda mendaftarkan atau menggunakan asuransi. Nah, inilah yang terkadang menjadi masalah untuk Anda yang hobi modifikasi mobil. Jadi, bila Anda senang memodifikasi mobil, Anda wajib melaporkan kepada pihak asuransi bagian mana saja dari mobil yang dilakukan modifikasi.

Kemudian, pihak asuransi pun akan mendata ulang kendaraan tersebut. Sebab, yang ditanggung adalah kondisi mobil saat awal menggunakan asuransi. Jadi bila mobil Anda sudah dimodifikasi artinya kondisi mobil sudah tidak sesuai dengan kondisi awal.

Penggunaan tidak sesuai

Kondisi mobil yang diasuransikan harus sesuai dengan keadaan sebenarnya. Maksudnya, saat Anda mendaftar asuransi mobil, maka pihak asuransi juga akan menanyakan tentang penggunaan mobil yang nantinya akan diasuransikan. Jadi, bila kendaraan tertulis untuk digunakan pribadi, kendaraan tersebut tidak boleh dipakai sebagai kendaraan rental. Apalagi, kendaraan yang Anda asuransikan digunakan untuk turun dalam ajang balap.

Rusak akibat kelalaian

Saat mengajukan klaim kecelakaan, pihak asuransi akan mengidentifikasi penyebab kecelakaan yang terjadi. Biasanya, apabila kecelakaan terjadi akibat melanggar peraturan lalu lintas. (Baca juga: Alasan Kenapa Anda Harus Perpanjang Asuransi Kendaraan Meski Kredit Sudah Lunas)

Misalnya menyetir saat mabuk, kebut-kebutan di jalan, menerobos rambu lalu lintas, atau pengemudi tidak memiliki SIM, maka sudah dipastikan akan membuat klaim asuransi Anda ditolak. Selain itu jika kendaraan rusak akibat mengangkut hewan atau zat kimia juga tidak ditanggung pihak asuransi.
Digunakan tindak kejahatan

Penyebab lain klaim asuransi ditolak adalah kalau mobil terbukti menjadi alat kejahatan seperti perampokan, penjambretan, penculikan, atau penipuan.
Apalagi, mobil sengaja dihilangkan dengan harapan mendapat biaya klaim ganti rugi, baik yang dilakukan pemegang polis asuransi atau orang lain di bawah pengetahuan si pemegang polis. Bila demikian sudah dipastikan klaim asuransi ditolak.

Polis sudah tidak berlaku

Bagaimanapun, polis akan menjadi bagian dari hidup Anda apabila memutuskan untuk menjadi nasabah asuransi. Karena itu, catat dan ingatlah sampai kapan polis asuransi kendaraan yang Anda miliki masih berlaku. Sebab, pastinya Anda tidak ingin klaim asuransi Anda ditolak karena polis asuransi mobil yang Anda miliki sudah tidak berlaku saat kejadian.

Baca Juga

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section