1. HOME
  2. OTOMOTIF
  3. OTOTALK
OTOMOTIF

5 Tips Memilih Jas Hujan yang Tepat

Namun bagaimanakah cara memilih jas hujan yang tepat?

By Nur Chandra Laksana 16 September 2016 07:03
Penjual Jas Hujan (money.id/dian rosa)

Money.id - Jas hujan menjadi barang yang wajib dibawa setiap saat, terutama ketika memasuki musim penghujan. Nah sudahkah Anda memiliki jas hujan? 

Bila belum, segera cara tempat atau pedagang yang menjual jas hujan ya!. Di toko peralatan motor banyak pilihan warna, model, dari berbagai merek. Harganya pun berbeda. 

Namun bagaimanakah cara memilih jas hujan yang tepat? Nah, jika penasaran silahkan simak tips memilih jas hujan yang aman dan nyaman berikut ini:

Jangan Beli Model Ponco
Banyak pengendara motor memilih model ini, karena praktis digunakan. Model ponco juga punya harga relatif murah, namun sangat tidak direkomendasikan.

Alasannya, bagian belakang model jas hujan ini menjuntai dan bila dipakai tergesa-gesa, akan mempengaruhi pengendara lain, serta berakibat fatal. 

Model ponco juga rawan mencederai diri sendiri. Pengendara kadang tak sadar kalau bagian menjuntai jas hujan ponco telah masuk ke jeruji roda. Kondisi ini bisa menambah daftar kecelakaan bermotor.

Pilih Model Setelan
Model setelan sangat cocok untuk kenyamanan berkendara saat hujan. Model ini pun tidak terlalu terpengaruh jika ada angin kencang yang tiba-tiba datang menerjang pengendara motor.

Hal ini dikarenakan bentukyang menyatu dengan tubuh pemakainya. Sangat berbeda dengan model ponco dengan bentuk yang menyerupai parasut, sehingga akan menimbulkan masalah saat angin kencang datang.

Meski menggunakan model setelan, jangan pula membeli yang ukurannya sangat pas dengan tubuh. Selain akan merepotkan saat membawa tas atau barang bawaan lain, model yang terlalu pas dengan tubuh rawan dimasuki air.

Pilih Jas Hujan Berbahan PVC
Bahan polyvinyl chloride (PVC) lebih kedap air ketimbang jas hujan dari bahan plastik biasa atau parasut. Meski bahannya sedikit lebih berat dari bahan lainnya, namun PVC akan dengan aman melindungi pemakainya.

Jas hujan berbahan PVC memiliki pori-pori yang sangat rapat, sehingga air hujan sulit menembus ke dalam, berbeda dengan bahan parasut yang berpori lebih longgar.

Memang bahan parasut memiliki lapisan filament untuk mencegah air meresap. Namun, jika sudah sering digunakan, lapisan filament ini akan habis.

Pilih Warna Terang
Jas hujan tak hanya berfungsi melindungi Anda dari basah akibat hujan. Jas hujan juga menjadi penunjang keamanan berkendara, oleh karena itu pemilihan warna harus diperhatikan.

Warna yang mencolok sangat disarankan saat hujan lebat. Ini karena, saat hujan mengguyur deras, jarak pandang pengendara akan berkurang. Jas hujan dengan warna mencolok apalagi jika mampu memancarkan cahaya seperti yang digunakan pada rompi polisi akan lebih baik.

Sedikit Mahal
Soal harga memang akan menentukan pilihan pada akhirnya. Namun, satu hal yang perlu dipertimbangkan, saat memilih usahakan menganut beberapa unsur diatas, sehingga harga akan mengikuti kemampuan finansial kita.

Jas hujan yang terlalu murah juga akan berakibat buruk. Karena bisa saja hanya sekali pakai akan langsung rusak. Pilihlah jas hujan yang harganya tidak terlalu murah, tapi juga tidak terlalu mahal. (els)

 

BACA JUGA

 

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Ototalk Section