1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Wow, Airasia Pesan 100 Unit Pesawat A321Neo

Kesepakatan tersebut diumumkan kemarin dalam ajang Farnborough Airshow oleh CEO Grup AirAsia, Tony Fernandes.

By Abdul Kharis 14 Juli 2016 12:05
Pesawat AirAsia (etops.net)

Money.id - AirAsia menandatangani kesepakatan dengan Airbus atas pemesanan 100 unit pesawat A321neo. Kesepakatan tersebut diumumkan langsung CEO AirAsia, Tony Fernandes, dan CEO Airbus, Febrice Bregier, dalam ajang Farnborough Airshow.

Melansir keterangan yang dikirimkan AirAsia, Kamis, 14 Juli 2016, kesepakatan ini menandai pemesanan perdana AirAsia untuk pesawat tipe terbesar dalam kelompok A320 yang paling laris terjual.

Pesawat ini berkapasitas hingga 240 kursi dalam pengaturan satu kelas tunggal, A321neo akan memungkinkan maskapai meningkatkan kapasitas sekaligus meraup manfaat dari biaya operasionalnya yang terhemat untuk pesawat dalam kategori lorong kabin tunggal.

Sedikit tambahan, pesawat dalam kelompok A320 merupakan produk yang terlaris untuk kategori pesawat berlorong kabin tunggal yang mencatat hampir 12.600 pemesanan sejak diluncurkan, dan lebih dari 7.100 pesawat telah dikirimkan ke berbagai operator A320 di seluruh dunia.

Selain itu, kelompok A320neo mengadopsi teknologi paling mutakhir seperti mesin generasi baru serta wing tip Sharklet, menciptakan kombinasi yang dapat menghemat konsumsi bahan bakar hingga 15 persen pada awalnya, dan akan meningkat menjadi 20 persen pada tahun 2020 seiring dengan inovasi pada kabin yang akan diterapkan ke depannya.

Dengan diumumkannya kesepakatan ini, jumlah total pesawat dalam kelompok A320 yang dipesan oleh AirAsia meningkat menjadi 575 pesawat, sekaligus mengokohkan posisi maskapai sebagai pelanggan terbesar Airbus untuk kategori produk pesawat berlorong kabin tunggal.

Hingga saat ini, lebih dari 170 unit pesawat A320 telah dikirimkan dan dioperasikan oleh maskapai afiliasi Grup AirAsia di Malaysia, Thailand, Indonesia, India, dan Filipina.

Tony Fernandes, CEO Grup AirAsia berkata, "Grup AirAsia saat ini mengoperasikan hampir 1.000 penerbangan setiap hari ke lebih dari 120 tujuan di 24 negara. Hadirnya A321neo akan mendukung kami dalam memenuhi tuntutan persaingan sekaligus menurunkan biaya per kilometer kursi yang tersedia".

Fernandes menambahkan, A321neo akan dioperasikan untuk melayani rute-rute terpopuler AirAisa, terutama pada bandar udara yang memiliki keterbatasan infrastruktur. Dengan slot yang sama, volume penumpang dapat kami tingkatkan.

Menurutnya, hal ini akan membawa manfaat yang langsung dirasakan oleh bandar udara, seperti operasional yang lebih efisien, peningkatan pendapatan dari biaya pelayanan penumpang (passenger service charges), serta meningkatkan transaksi retail.

Baca Juga

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section