1. HOME
  2. NEWS
PESAWAT HILANG

Warga Pulau Terpencil Filipina Klaim Temukan Puing MH370

Selain reruntuhan pesawat, warga juga mengaku menemukan kerangka manusia di kursi pilot dan kabin.

By Dian Ardiahanni 13 Oktober 2015 11:13
Pesawat Malaysia Airlines (The Star)

Money.id - Sekelompok warga mengklaim telah menemukan puing pesawat Malaysia Airlines MH370 di Filipina. Laporan menyebut, bukan hanya reruntuhan pesawat, mereka juga menemukan potongan badan pesawat dengan cat bendera Malaysia beserta sisa-sisa kerangka manusia di kursi pilot dan kabin.

Dikutip dari laman Dailymail, Senin 12 Oktober 2015, pihak kepolisian menerima laporan itu dari sebuah temuan dalam hutan lebat di pulau terpencil bernama Sugbai Tawi Tawi. Temuan itu dilaporkan seorang teknisi audio, Jamil Omar yang menghubungi polisi di Malaysia dan mengatakan bahwa bibinya, Siti Kayam tersandung reruntuhan pesawat itu.

Komisaris Polisi Jalaludin Abdul Rahman mengatakan, bahwa Siti mengaku telah memasuki pesawat hancur itu dan menemukan banyak tulang manusia. "Bibinya juga menemukan bendera Malaysia berukuran 70 dan 35 inci," katanya.

Omar yang tak tinggal di pulau itu mengatakan kepada saluran TV Malaysia Astro Awani, bahwa penduduk sudah ramai membicarakan penemuan itu selama berminggu-minggu. Bibinya yang mengunjungi dia di Sabah pun sudah bercerita tentang klaim temuan tersebut.

"Warga di pulau itu berburu burung untuk makanan dan membangun rumah mereka di atas air. Mereka tidak menonton televisi dan dengan demikian mereka tidak memiliki pengetahuan tentang dunia luar," kata Omar kepada Astro Awani seperti dikutip dari News.com.au.

Omar mengatakan kain itu masih utuh, tapi sudah dicuci. Beberapa polisi juga mendatangi rumahnya untuk merekam pernyataan si bibi dan mengambil potongan kain tersebut.

Meskipun lokasi reruntuhan jauh dari daerah pencarian resmi saat ini di sekitar Pulau Reunion, Prancis, di mana flaperon pesawat ditemukan terdampar. Pemerintah Malaysia menanggapi klaim para remaja itu dengan cukup serius.

Bahkan, seperti dikutip dari Channel News Asia, mereka mengerahkan Civil Aviation department dan the Ministry’s Air Accident Investigation Division atau Departemen Penerbangan Sipil dan Divisi Investigasi Kementerian Kecelakaan Udara untuk menyelidiki lebih lanjut.

Polisi Malaysia pun telah meminta polisi di Filipina untuk memverifikasi klaim tersebut.

Pesawat milik maskapai Malaysia Airlines itu telah hilang kontak pada Maret tahun lalu. Dengan membawa penumpang dan kru pesawat yang berjumlah 239 orang. (dwq)

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section