1. HOME
  2. NEWS
MOTOGP

Marquez Jatuh, Rossi Diganjar Hukuman

Namun, Rossi justru panen dukungan. Banyak pihak yang menyebut Rossi tak bersalah.

By Rohimat Nurbaya 26 Oktober 2015 17:29
Valentino Rossi dan Marc Marquez (Foto: autoevolution.com)

Money.id - Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi dihukum setelah bersenggolan dengan rivalnya, Marc Marquez di Sirkuit Sepang, Malaysia, Minggu 25 Oktober 2015. Akibat insiden itu Marquez terjatuh.

Tim race direction MotoGP, mengganjar Rossi dengan mengurangi tiga poin. Selain itu, Rossi juga harus start posisi terakhir pada balapan pamungkas MotoGP di Sirkut Ricardo Tormo, Valencia.

Saat ini Rossi mengumpulkan poin terbanyak (312), tapi kesempatan The Doctor jadi juara dunia sangat berat. Pasalnya, Jorge Lorenzo rekan dia di tim Yamaha menempel perolehan poin dengan ketat (305). Keduanya hanya selisih tujuh poin.

Tim Yamaha mengajukan banding atas keputusan tim race direction tersebut, tapi ditolak. Tim berlambang garputala juga menyayangkan rencana pertarungan duo Yamaha Rossi dan Lorenzo di Valencia harus buyar gara-gara Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez.

"Sayang sekali melewatkan kejuaraan indah kali ini. Mestinya menghadirkan pertarungan paling menarik antara dua rider Yamaha tapi nyaris buyar oleh rider lain," kata Direktur Tim Yamaha MotoGP Massimo Meregalli seperti dikutip Motorcycle News.

Balapan Sepang

Balapan MotoGP di Sirkuit Sepang itu dimenangkan pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa. Posisi kedua diraih Jorge Lorenzo, sedangkan Rossi finis pada posisi ketiga.

Sejak awal balapan pertarungan berlangsung seru dan menegangkan. Sebagai pemegang pole position, Pedrosa tak terkejar lagi sejak awal balapan hingga akhir.

Tapi tensi balapan memanas setelah Rossi dan Marquez bersenggolan. The Doctor-julukan Rossi- dianggap menendang Baby Alien-jukukan Marquez- saat balapan baru berjalan tujuh lap.

Rossi dan Marquez terlibat pertarungan ketat sejak lap keempat. Pertarungan itu berawal saat Lorenzo menyodok ke depan dari posisi keempat langsung ke posis dua. Marquez dan Rossi kemudian terlibat pertarungan untuk mendapatkan tempat ketiga.

Pada tikungan ke-14 Rossi sedang berada di depan Marquez, tapi The Baby Alien tidak mau kalah, dia berupaya kembali menyalip Rossi. Jarak keduanya sangat berdekatan.

Marquez yang masih berada di belakang tampak memaksakan menyodok, hingga akhirnya kepalanya menyentuh kaki Rossi. Tampak kesal, The Doctor menggerakan lututnya dan akhirnya The Baby Alien tersungkur hingga tak mampu menyelesaikan balapan.

Petisi untuk Rossi

Insiden yang terjadi antara Marquez dan Rossi tak hanya berujung pada hukuman. Namun, sebuah petisi berisi seruan untuk mencabut hukuman yang dijatuhkan kepada Rossi tiba-tiba muncul di laman Change.org internasional.

Petisi yang digagas oleh Nicholas Davis dari Virginia Water, Inggris, ini mengarahkan petisinya kepada Direktur perlombaan, MotoGP Mike Webb dan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM).

Petisi itu mengusung judul 'Cabut hukuman Valentino Rossi dan kembalikan integritas kejuaraan'. Hingga hari ini, penandatangan petisi ini sudah mencapai lebih dari 80.000 pendukung.

Dalam surat petisi tersebut, Davis menulis integritas MotoGP sudah jatuh. ''Anda baru saja memaafkan taktik balapan yang kotor dengan menghukum Valentino Rossi yang sedang berjuang meraih gelar juara dan hal itu dilecehkan dan disabotase oleh Marc Marquez.''

''Lalu di saat yang sama, Anda justru membiarkan Jorge Lorenzo menyalip saat ada bendera kuning tanpa ada hukuman,'' tulisnya.

Selanjutnya dalam petisi itu dituliskan,''Kami menyerukan kepada Anda untuk mengkaji ulang hukuman kepada Valentino Rossi sehingga memungkinkan dia untuk dapat terus bersaing dalam kejuaraan ini secara adil...'' (dwq)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section