1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Surat Wasiat Sebut Kekayaan Osama bin Laden Capai Rp386 Miliar

Surat wasiat ini, bersama dengan sejumlah dokumen lain, diambil oleh pasukan khusus Amerika saat menggerebek rumah Osama bin Laden di...

By Dwifantya Aquina 2 Maret 2016 13:25
Osama bin Laden semasa hidup di dalam bunker (Telegraph.co.uk)

Money.id - Pemimpin al-Qaida, Osama bin Laden tewas dalam penggerebekan oleh pasukan elite AS di Pakistan, Mei 2011. Harta kekayaan Osama diklaim mencapai US$29 juta atau sekitar Rp386 miliar.

Klaim nilai kekayaan tersebut tercantum dalam surat wasiat yang ia tulis dan dirilis oleh para pejabat intelijen Amerika Serikat, seperti dikutip BBC pada Rabu 2 Maret 2016.

Surat wasiat ini, bersama dengan sejumlah dokumen lain, diambil oleh pasukan khusus Amerika saat menggerebek rumah Osama bin Laden di Abbottabad, Pakistan, Mei 2011, yang berakhir dengan kematian Bin Laden.

Dalam surat wasiat tersebut ia berencana menyerahkan hampir semua kekayaannya untuk mendukung gerakan ekstremisme dan sisanya dibagi ke anggota keluarga.

"Jika saya terbunuh," tulis Osama bin Laden pada 2008 dalam surat untuk ayahnya, "Tolong doakan saya dan keluarkan uang sumbangan atas nama saya. Saya memerlukan banyak pahala untuk mencapai rumah saya yang kekal."

Dalam surat lain, yang ditujukan kepada 'masyarakat Muslim secara keseluruhan', Osama bin Laden menjelaskan kemajuan yang ia sebut sebagai perang suci dan kegagalan Amerika di Afghanistan.

Ia sepertinya ingin menggambarkan bahwa AS tidak akan bisa memenangkan perang di Afghanistan.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section