1. HOME
  2. NEWS
CHINA

Surat Bersejarah Mao Zedong Terjual Rp12 Miliar

Mao Zedong adalah pemimpin Partai Komunis China yang pernah berkuasa.

By Dwifantya Aquina 16 Desember 2015 11:15
Pemimpin Partai Komunis China, Mao Zedong (Washington Times)

Money.id - Surat yang ditulis oleh pemimpin Partai Komunis China, Mao Zedong, terjual senilai lebih dari US$900.000 atau sekitar Rp12,6 miliar. Harga yang pantas untuk sebuah surat bersejarah yang dibuat pada tahun 1937.

Surat yang ditandatangani Mao itu ditulis untuk Clement Atlee, pemimpin partai oposisi utama Inggris pada masa itu. Lewat surat tersebut, seperti dikutip BBC, Rabu 16 Desember 2015, Mao meminta bantuan dalam perjuangan menghadapi pasukan Jepang yang menginvasi China.

"Kami yakin, bahwa rakyat Inggris, jika mereka mengetahui kebenaran tentang agresi Jepang di China, akan meningkatkan dukungan bagi rakyat China," tulis Mao dalam surat tersebut.

Sebagai penutupnya Mao menulis, "Hidup Barisan Perdamaian Bangsa-Bangsa Demokratis melawan Fasisme dan Imperialis Perang."

Surat tersebut disampaikan oleh wartawan James Bertram kepada Atlee.

Hasil penjualan lewat lelang di Sotheby's ini jauh melebihi perkiraan awal, yang diperkirakan sekitar US$150.000.

Balai lelang Sotheby’s mendapatkan surat Mao ini dari seseorang yang disebut 'Anne, Countess Attlee' yang dilaporkan merupakan menantu Clemente Attlee, yang belakangan menjadi perdana menteri Inggris untuk periode 1945 hingga 1951.

Suka dengan artikel ini? Klik LIKE

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section