1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Setkab: Tak Ada Pemecatan 1 Juta PNS

Pramono menjelaskan, saat ini pemerintah masih melanjutkan moratorium penerimaan PNS.

By Arry Anggadha 7 Juni 2016 12:04
Ilustrassi Pegawai Negeri Sipil

Money.id - Kabar pemecatan terhadap 1 juta pegawai negeri sipil (PNS) membuat gempar. Namun, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menegaskan, sampai saat ini belum ada rencana tersebut.

Pramono menjelaskan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi telah menjelaskan mengenai rencana pemecatan 1 juta PNS itu ke Presiden.

"Dalam surat tersebut sebenarnya hanya rencana jangka panjang terhadap PNS," kata Pramono seperti dikutip dari laman Kemendagri.

Meski demikian, Pramono tidak menjelaskan rencana jangka panjang yang dimaksud Kementerian PAN-RB itu. Pramono hanya menegaskan tidak ada pemecatan PNS dalam jumlah yang besar tersebut.

Pramono menjelaskan, saat ini pemerintah masih melanjutkan moratorium penerimaan PNS. Hal itu dilakukan agar jumlah pegawai negeri tidak terus bertambah dan memberatkan anggaran. "Jika pertumbuhan PNS negatif, maka tak perlu PNS itu dirumahkan," ujarnya.

Dikutip dari laman Setkab, wacana pemecatan 1 juta PNS ini pertama kali digulirkan Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi. Menurutnya, saat ini jumlah PNS berkisar di angka 4,5 juta, dimana 500 ribu diantaranya sudah akan pensiun di 2019. Menurut Yuddy, sebenarnya Indonesia hanya membutuhkan 3,5 juta PNS saja.

Yuddy mengatakan program pemangkasan 1 juta PNS tersebut menjadi satu hal yang harus dilakukan demi mengefisiensikan belanja serta peningkatan kapasitas para pegawai.

"Ini kan satu juta masih angka simulasi dan belum tetap, tapi untuk efisiensi belanja pegawai dan peningkatan kapasitas diperlukan rasionalisasi itu," kata Yuddy kepada wartawan, di Kantor Wakil Presiden Indonesia, Jakarta, Selasa (31/5/2016).

Baca Juga

(aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section