1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Seriuskah Ani Yudhoyono Maju Jadi Capres 2019?

Partai Demokrat mengklaim banyak permintaan dari masyarakat untuk menjadikan istri SBY itu calon presiden.

By Dwifantya Aquina 17 Maret 2016 11:25
Mantan Ibu Negara, Ani Yudhoyono (Twitter)

Money.id - Sepekan belakangan, media sosial heboh dengan banyak beredarnya foto Ani Yudhoyono dengan tulisan 'Calon Presiden Partai Demokrat 2019'.

Beberapa meme ini kemudian menjadi viral, salah satunya menampilkan Ani Yudhoyono yang mengenakan baju berwarna biru sambil melambaikan tangan dengan background bendera Merah Putih. Ada juga gambar berjudul, '7 Hal Ibu Ani Yudhoyono Layak Jadi Capres 2019'.

Gambar yang beredar di media sosial itu dilengkapi dengan tagar #AniYudhoyono2019.

Benarkan istri dari Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono itu akan turut serta di Pilpres 2019?

Partai Demokrat mengakui bahwa Ani Yudhoyono disiapkan menjadi calon presiden karena melihat memang banyak permintaan dari masyarakat.

Juru Bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul mengatakan saat ini masih banyak rakyat yang mencintai SBY. Namun karena sudah 2 periode menjadi Presiden, SBY kecil kemungkinan bakal maju Capres lagi.

Aspirasi itu disampaikan ketika SBY menggelar Tour de Java yang masih berlangsung hingga saat ini. SBY pun sudah menegaskan bahwa tidak akan maju lagi.

"Rakyat kita yang sudah sangat cerdas ini, ya mereka mengatakan 'Kalau memang Bapak enggak, ya apa salahnya Ibu Ani?' Itu rakyat yang meminta," kata Ruhut di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Dalam beberapa meme yang tersebar, diulang kembali slogan “Lanjutkan!” dalam pencalonan Ani, yang dulu diusung SBY saat kampanye Pilpres. Hal ini dinilai banyak kalangan untuk membuka ingatan masyarakat akan kepemimpinan SBY.

Walaupun sudah muncul nama-nama dari partainya sebagai kandidat capres pada Pemilu 2019, namun Partai Demokrat belum memutuskan siapa yang akan diusung dalam Pemilu 2019 mendatang.

Sementara itu Ketua Divisi Komunikasi Publik Partai Demokrat, Imelda Sari, melalui akun Twitter-nya menyatakan, pihaknya tidak tahu siapa yang menyebar foto tersebut dan akan melakukan penelusuran terkait motif di baliknya.

"Partai Demokrat hingga saat ini belum membahas Calon Presiden 2019. Ada mekanisme internal di Majelis Tinggi Partai, bukan maunya orang perorang," tulisnya.

Terkait penyebaran foto istri SBY tersebut, Imelda mengatakan pihaknya justru kaget saat mendengar informasi tersebut.

Kabar pencalonan Ani Yudhoyono menjadi presiden kali ini bukanlah yang pertama. Dalam pemilihan presiden 2015 lalu, istri SBY ini pernah juga diisukan maju.

Walau hanya isu, kabar ini mendapat banyak perhatian pengguna media sosial.

"Apa sih prestasi Bu Ani Yudhoyono kok bisa-bisanya mau dijadikan capres?" kata satu pengguna media sosial mempertanyakan kiprah Ani.

Ani Yudhoyono bersama SBY dan elite Partai Demokrat saat ini tengah melakukan Tour De Java. Tour dimulai sejak Selasa 8 Maret 2016 dan akan berlangsung selama 13 hari. Rombongan singgah di sejumlah daerah di empat provinsi yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, dan Jatim.

Selain untuk menyerap aspirasi rakyat, kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk berkonsolidasi dengan kader-kader daerah terkait Pilkada 2017 dan 2018.

SBY membantah bahwa Tour de Java adalah ajang dirinya untuk kembali mencalonkan diri sebagai presiden di Pemilu ke depan.

 

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section