1. HOME
  2. NEWS
OTOMOTIF

Sebelum Mudik, Wajib Cek Tiga Komponen Kendaraan Ini

Tiga hal tersebut sangat fatal, apabila tidak dicek bisa membahayakan diri dan merusak kendaraan.

By Rohimat Nurbaya 15 Juni 2016 18:26
Ilustrasi Service Mobil (Toyota Astra)

Money.id - Mudik Lebaran menjadi 'ritual' masyarakat di Indonesia untuk ajang bersilaturahmi dengan sanak saudara di kampung halaman. Ketika melakukan perjalanan mudik, selain menggunakan angkutan umum, banyak juga yang menggunakan kendaraan pribadi.

Salah satu alasan memilih menggunakan mobil pribadi dipilih sebagai moda transportasi mudik, karena diyakini memungkinkan untuk membawa lebih banyak barang. Namun meski demikian, Bagi Anda yang ingin mudik menggunakan mobil pribadi, ada beberapa komponen mobil yang mesti Anda perhatikan.

Dikutip dari laman resmi Toyota Astra, berikut beberapa komponen yang perlu Anda ganti sebelum melakukan perjalanan mudik agar aman dan nyaman di jalan.

1. Oli

Anda lebih baik mengganti oli mobil Anda sebelum kendaraan Anda menempuh jarak yang lumayan jauh saat mudik. Anda dapat melakukan 'flush' mesin -membubuhkan semacam pelumas terlebih dulu sebelum mengganti oli. Pelumas diyakini akan bekerja lebih maksimal sebelum oli lama dibuang.

Anda juga dapat menganti filter oli serta oli gardan dan oli transmisi. Setiap mobil mencapai jarak tempuh 20 ribu km oli wajib diganti dengan oli yang sesuai.

2. Ban

Ban dalam keadaan halus atau botak harus segera diganti. Selain ciri ban tersebut, ban yang sudah pernah bocor lebih dua kali sangat dianjurkan untuk diganti. Permukaan ban luar yang benjol juga sangat berbahaya. Ban benjol dapat berisiko ban pecah karena seratnya sudah robek.

Perhatikan juga warna ban, jika ban sudah tidak berwarna hitam itu tandanya ban dalam kondisi kurang baik karena rapuh akibat panas. Ban dengan ciri –ciri seperti ini bisa saja memiliki retak yang dapat membahayakan untuk digunakan.

3. Rem

Segera ganti selang dan master rem jika ada indikasi kebocoran. Selain itu periksa juga volume minyak rem. Tambahkan jika memang tinggal sedikit. Kanvas rem jika telah menipis wajib untuk segera diganti.

Kanvas rem menipis ditandai dengan semakin dalam pijakan rem, rem bergetas dan suara bising pada rem tersebut.

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section