1. HOME
  2. NEWS
LUAR ANGKASA

Roket Milik Blue Origin Berhasil Mendarat Sempurna

Percobaan itu tidak lepas dari rencana Blue Origin untuk menggunakan New Shepard jalan-jalan ke luar angkasa.

By Rohimat Nurbaya 3 April 2016 14:45
Roket The New Shepard (wired.com)

Money.id - Roket milik perusahaan penerbangan luar angkasa, Blue Origin, berhasil melakukan percobaan pendaratan dengan sempurna untuk ketiga kalinya. Itu diumumkan langsung oleh, Jeff Bezos, pemilik perusahaan tersebut pada Sabtu, 2 April 2016.

Dikutip dari Theguardian, roket yang diberinama The New Shepard itu diluncurkan hingga terbang di atas ketinggian 100 kilometer. Jarak itu merupakan batas bumi dan ruang angkasa.

Hal serupa pernah dilakukan oleh perusahaan penerbangan luar angkasa swasta tersebut, tepatnya pada November 2015 dan Januari 2016.

Roket yang diuji coba itu dikendalikan sepenuhnya oleh mesin--meminimalisir--kecelakaan akibat kesalahan manusia. Selain uji coba pendaratan, dilakukan juga percobaan tabrakan dengan objek pada gaya berat dan asteroid di dekat bumi.

Dengan berhasilnya percobaan pendaratan roket The New Shepard itu diharapkan bisa menekan biaya terbang ke luar angkasa. Sebab, selama ini roket hanya bisa digunakan sekali saja.

Uji coba itu tidak lepas dari rencana Blue Origin untuk menggunakan New Shepard jalan-jalan ke luar angkasa atau dengan kata lain, mereka akan melayani penerbangan komersil ke luar angkasa.

Blue Oginin tidak sendiri dalam menguji kendaraan untuk misi wisata di luar angkasa. Pesaingnya, Space X milik Elon Musk juga sedang melakukan misi yang sama. Mereka mengembangkan roket Falcon 9.

Jeff Bezos merupakan orang terkaya nomor lima di dunia. Kekayaannya mencapai US$45,2 miliar atau setara Rp594,2 triliun. Kekayaannya lebih banyak satu peringkat dari pendiri Facebook Mark Zuckerberg. (poy)

Lihat videonya di sini:

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section