1. HOME
  2. NEWS
NEWS

PNS Bakal Terima THR dan Gaji ke-13 di Bulan Juli

Nantinya, besaran THR atau gaji ke-14, akan lebih kecil dibanding gaji ke-13.

By Rohimat Nurbaya 16 Mei 2016 15:30
Pegawai Negeri Sipil bakal terima THR dan Gaji ke-13 di Juli

Money.id - Kabar gembira bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Mereka akan menerima gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya (THR) atau disebut gaji ke-14 dalam waktu yang sama.

Kepala Bidang Penyiapan Perumusan Kebijakan Gaji dan Tunjangan SDM Aparatur Kemenetrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi, Hidayah Azmi Nasution, menjelaskan, saat ini pihaknya tengah membahas Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Pemberian THR Tahun Anggaran 2016 dan RPP tentang Pemberian Gaji ke-13.

Hidayah mengakui, dalam RPP tersebut tertulis, bahwa pemberian THR dan gaji ke-13 akan dibayarkan pada bulan Juli mendatang. "Namun untuk kepastian diberikan sebelum atau sesudah lebaran belum ada," kata Hidayah seperti dikutip dari laman Setkab.

Hidayah menjelaskan, besaran THR atau gaji ke-14, akan lebih kecil dibanding gaji ke-13. Besarannya, satu kali gaji pokok.

Menurutnya, hal ini karena THR merupakan pengganti dari kenaikan gaji PNS tiap tahunnya, dimana tahun 2016 ini tidak ada kenaikan gaji pokok. Sedangkan untuk gaji ke-13 meliputi gaji pokok, tunjangan jabatan, dan tunjangan lain, seperti penghasilan PNS/Aparatur Sipil Negara (ASN) yang biasa diterima setiap bulan.

Sebelumnya, Menteri PANRB, Yuddy Chrisnandi mengatakan, dalam waktu dekat pemerintah akan memberikan gaji ke-13 dan THR kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Gaji ke-13 diberikan saat anak-anak masuk sekolah, THR akan dibayarkan menjelang lebaran," ujar Yuddy.

THR atau gaji ke-14, nantinya akan dialokasikan untuk membantu memenuhi kebutuhan PNS saat merayakan Idul Fitri. Adapun mekanisme pencairan gaji ke-14 ini sama persis dengan mekanisme pencairan gaji ke-13. Namun besarannya sama dengan satu kali dari gaji pokok. 

Baca Juga

(aa/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section