1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Pilot MH370 Ditemukan Amnesia di Rumah Sakit Taiwan?

Sebuah kabar mengklaim bahwa Zaharie ditemukan tak sadarkan diri di pinggir sungai. Ia menderita dehidrasi akut dan sejenis penyakit amnesia.

By Dwifantya Aquina 16 Februari 2016 15:20
Pilot Pesawat Malaysia Airlines MH370, Zaharie Ahmad (Telegraph.co.uk)

Money.id - Sebuah kabar menyebut bahwa kapten pilot pesawat Malaysia Airlines MH370, Zaharie Ahmad Shah ditemukan dirawat di rumah sakit Taipei Adventist Taiwan. Pesawat rute Kuala Lumpur menuju Beijing tersebut hilang secara misterius setelah tinggal landas pada 8 Maret 2013.

Dilansir Express.co.uk, Zaharie menderita dehidrasi akut dan sejenis penyakit amnesia. Ia dibawa ke rumah sakit tersebut oleh penduduk desa yang menemukannya di dekat Sungai Tang Shui dalam kondisi tak sadar.

Zaharie baru sadarkan diri sekitar 16 jam setelah tiba di rumah sakit. Namun ia tidak mengingat siapa dirinya dan bagaimana ia sampai ada di Taipei. Identitas Zaharie kemudian terlacak berdasarkan sidik jarinya.

Dokter rumah sakit tempat Zaharie dirawat, menyebut bahwa pria berusia 53 tahun itu mengalami amnesia regresif.

Seorang dokter bernama Syed Boon Sulong mengatakan, pasien yang diduga kapten pilot pesawat MH370 itu masih sangat lemah dan sakit, ditambah ingatannya tidak baik.

"Pasien masih sangat lemah dan sakit, dan otaknya sepertinya mengalami tekanan untuk mengakses sejumlah memori tertentu dengan tujuan melindungi dirinya dari rasa sakit atas memori yang dihasilkan," kata Sulong.

"Kesehatannya terlalu rapuh untuk saat ini, tapi seiring waktu, ia harus mampu mengingat semuanya," imbuhnya.

Tapi Menteri Transportasi Malaysia Datuk Seri Liow Tiong Lai, dengan cepat menepis kabar tersebut. Ia memperingatkan publik untuk tidak berspekulasi atas kabar itu.

"Kementerian akan memberikan update soal MH370 dari waktu ke waktu. Setiap informasi mengenai MH370 harus dirujuk ke kami. Jangan berspekulasi," tegasnya.

Sebelumnya, sebuah laman berita Malaysia, astroawani.com menyebut bahwa sejumlah netizen mengatakan bahwa berita tersebut tidak benar alias hoax.

Foto seorang pria yang dirawat di rumah sakit di Taiwan, yang menyebar luas di dunia maya diklaim merupakan seorang pekerja migran asal Myanmar bernama Aung My Oo. Ia korban penyerangan orang pada tahun 2013.

Berita itu juga mempublikasikan foto Deputi Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia, Dr Jeyaindran Sinnadurai, yang salah diidentifikasi sebagai Dr Syed Boon Sulong.

Konsulat Malaysia di Taiwan telah mengkonfirmasi bahwa laporan ditemukannya pilot MH370 tersebut adalah palsu.

 

 

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section