1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Petani di China Temukan Laba-laba Langka dan Berharga

"Laba-laba ini memiliki nilai yang sangat tinggi bagi dunia penelitian ilmiah..."

By Rizki Astuti 5 Desember 2016 11:05
laba laba langka di China (Dailymail.co.uk)

Money.id - Seorang petani di China menemukan seekor laba-laba langka dengan cakram yang melekat pada perutnya. Petani bernama Li Wenhua itu menemukan laba-laba itu di kebun jeruknya di Desa Pujiang, Chengdu di Barat Daya China pada 14 November lalu.

Dia mengatakan akan menjual penemuannya itu dengan 'harga yang pantas'. Mengapa?

Karena menurut seorang ahli serangga, laba-laba yang ditemukan Li itu adalah dari jenis laba-laba jam pasir China. Laba-laba jenis ini sangat langka dan berharga.

Melansir dalam laman Dailymail, Senin 5 Desember 2016, awalnya, Li tidak menyadari bahwa itu adalah laba-laba. Dia mengira itu adalah benda antik peninggalan zaman kuno. Li kemudian mengumumkan penemuannya itu kepada para tetangganya yang berbondong-bondong datang ke rumahnya untuk melihat laba-laba aneh itu.

laba laba langka di China
© 2016 money.id/dailymail.co.uk

Setelah mencari informasi di Internet, Li baru sadar bahwa dia menemukan laba-laba jam pasir China atau dalam bahasa Mandarin disebut li shi pan fu zhu.

Menurut Kepala Insect Museum of West China, Zhao Li bahwa laba-laba itu memang laba-laba jam pasir China. Serangga tersebut adalah salah satu laba-laba paling awal yang didokumentasikan di China.

Bahkan menurut Chengdu Business Daily, laba-laba jam pasir China telah terlihat enam kali sejak ditemukan kembali di Provinsi Sichuan pada tahun 2000.

laba laba langka di China
© 2016 money.id/dailymail.co.uk

"Laba-laba ini memiliki nilai yang sangat tinggi bagi dunia penelitian ilmiah. Ini adalah spesies yang sangat langka di Sichuan. Saya telah menghabiskan berbagai upaya untuk menemukannya, tetapi tidak pernah melihat satu pun," kata Zhao.

Zhao juga mengatakan laba-laba tersebut sesuai dengan deskripsi yang disebutkan dalam buku kuno yang disebut Er Ya. Diterbitkan antara abad lima sampai dua Sebelum Masehi, Er Ya adalah kamus tertua China yang tetap bertahan hingga sekarang.

Diketahui, laba-laba jam pasir China adalah jenis laba-laba pintu jebakan. Laba-laba jenis ini jarang terlihat karena mereka hidup di liang bawah tanah yang tertutup oleh pintu jebakan. Laba-laba jam pasir China termasuk serangga yang hanya keluar pada malam hari. (poy)

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section