1. HOME
  2. NEWS
TIPS KEUANGAN

Perhatikan 5 Kriteria ini Sebelum Pilih Bank untuk Menabung

Banyak hal yang harus diperhitungkan ketika seseorang ingin membuka akun rekening di bank.

By Abdul Kharis 24 Mei 2016 07:08
Bank Indonesia (Flickr)

Money.id - Memilih bank untuk menitipkan uang Anda merupakan sesuatu hal yang memerlukan pemikiran panjang. Banyak hal yang harus diperhitungkan ketika seseorang ingin membuka akun rekening di bank.

Hal yang dipastikan pertama kali adalah, Anda menyimpan uang di bank yang sudah berlembaga hukum atau memiliki legitimasi. Selain itu, alangkah baiknya bank yang dipilih sudah memiliki nama besar.

Mengutip dari investopedia.com, Senin, 23 Mei 2016, berikut adalah beberapa kriteria yang perlu dipertimbangkan ketika memilih bank untuk membuka rekening.

1. Sah secara hukum

Pertama dan terpenting, Anda harus menabung di bank yang sudah sah secara hukum atau terdaftar sebagai sebuah lembaga. Bank yang sudah dikenal oleh masyarakat luas akan menjadi tempat yang aman untuk menabung.

2. Letak

Kebanyakan orang ingin menabung di bank yang memiliki banyak kantor cabang dan ATM. Hal ini akan mempermudah Anda saat ingin melakukan transaksi atau hanya sekedar mengambil uang.

3. Ukuran

Jika Anda orang desa dan tidak pernah meninggalkan kampung halaman, sangat wajar apabila menggunakan bank lokal kecil. Namun, jika Anda suka berpergian dan sering keluar kota, Anda harus memilih akun di sebuah bank nasional ternama.

Hal ini disebabkan oleh akses yang mudah untuk uang Anda karena tidak akan kesusahan apabila ingin mengambil uang di ATM. Berbeda dengan bank lokal kecil di desa Anda yang tidak memiliki ATM.

4. Biaya

Beberapa bank tidak mengenakan biaya uang saat menggunakannya, selama Anda menjaga keseimbangan keuangan akun Anda. Perhatikan, biaya kecil yang dikeluarkan oleh bank dapat menambah dari waktu ke waktu dan menguras saldo rekening Anda.

Sebelum mendaftar dan membuka rekening di bank pilihan Anda, cobalah untuk memeriksa biaya apa saja yang dikeluarkan saat menjadi nasabah bank tersebut.

5. Deposit

Beberapa rekening bank dirancang untuk orang-orang yang memiliki gaji rutin. Jika tidak memiliki gaji seperti pekerja lepas dan wirausaha, Anda akan memerlukan akun yang lebih tradisional saat membuka rekening untuk menyimpan uang.

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section