1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Pemerintah Pastikan Harga Daging Sapi Tetap Terjangkau

Pemerintah aktif menggelar operasi pasar di sejumlah wilayah ibukota dan wilayah-wilayah lain di Indonesia.

By Rohimat Nurbaya 23 Juni 2016 11:13
Ilustrasi Daging Sapi (Pixabay)

Money.id - Presiden Joko Widodo menilai tingginya harga daging sapi sangat memberatkan masyarakat, terutama rakyat kecil. Karena itu, pemerintah berupaya menekan harga daging dan bahan makanan pokok. Presiden berkomitmen supaya daging sapi dapat dinikmati oleh banyak orang.

Berdasarkan rilis dari Tim Government Public Relations yang dikutip dari dari laman resmi Kementerian Keuangan, presiden berharap daging yang saat ini harganya masih mencapai Rp115 ribu per kilogram harus mendekati Rp80 ribu per kilogram.

Pemerintah aktif menggelar operasi pasar di sejumlah wilayah ibukota dan wilayah-wilayah lain di Indonesia. Operasi pasar akan berlangsung selama 4 Juni 2016 hingga 17 Juli 2016. Merujuk data Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Pertanian (Kementan), operasi pasar daging sapi di wilayah Jakarta dilaksanakan di 20 pasar yang tersebar di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, dan Jakarta Timur.

Di 20 titik ini paha belakang dijual seharga Rp89 per kilogram dan paha depan Rp85 ribu per kilogram. Saat ini di 26 provinsi ada sekitar 4.000 titik pasar murah dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), hingga pihak swasta.

Selain menjual daging di bawah Rp80 ribu per kilogram, pasar murah itu juga menjual berbahan kebutuhan pokok seperti daging ayam, telur ayam, beras, gula, minyak, cabai merah, bawang merah, dan bawang putih.

Selain operasi pasar murah, harga daging sapi juga dapat turun dengan meratanya permintaan masyarakat akan ke-5 jenis olahan sapi.

Pertama, daging olahan industri seperti daging giling dan dadu yang dapat dibeli seharga Rp40 ribu hingga Rp60 ribu. Kemudian, ada daging variasi (seperti lidah, bibir, buntut dan daging kepala) yang bisa dibeli dengan Rp65 ribu hingga Rp100 ribu dan jeroan seharga Rp30 ribu hingga Rp40 ribu per kilogram.

Ada juga daging berkualitas sangat baik (prime cut) alias daging steak yang dijual seharga Rp120 ribu - Rp130 ribu per kilogram. Terakhir, daging kualitas sedang-baik (secondary cut) inilah yang terus diupayakan Presiden agar harganya mendekati Rp80 ribu.

Menekan harga daging sapi kualitas sedang-baik dekat ke angka Rp80 ribu bukanlah hal yang mustahil. Apalagi menurut data Kementerian Pertanian, pasokan daging jenis ini siap memenuhi kebutuhan daging masyarakat selama bulan puasa.

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section