1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Peneliti Ungkap Ruang Rahasia di Piramida Mesir

Muncul pendapat bahwa jasad Firaun Sneferu dimakamkan di sebuah ruang khusus.

By Rizki Astuti 8 Mei 2016 08:25
Struktur internal Piramida Bent (Dailymail.uk)

Money.id - Berusia ribuan tahun, Piramida di Mesir memang masih menyimpan banyak misteri. Tim arkeolog menggunakan teknologi mutakhir, yaitu partikel kosmik, untuk mengetahui bagaimana piramida dibangun. 

Teknologi tersebut diaplikasikan pada Piramida Bent berusia 4.600 tahun yang dibangun saat masa kejayaan Firaun Sneferu.

Dikutip laman Dailymail, Minggu 8 Mei 2016, Piramida Bent adalah salah satu bangunan pertama yang dibangun oleh Kerajaan Firaun Sneferu.

Struktur internal Piramida Bent (Cairo University)
© 2016 money.id/dailymail.co.uk

 

Mehdi Tayoubi, Presiden Institut Heritage, Inovasi, dan Pelestarian, mengatakan tim arkeolog mengumpulkan data mengenai piramida tersebut dengan partikel radiografi bahwa yang disebut muon.

Muon adalah partikel kosmik yang secara permanen dan alami menghujani atmosfer bumi. Partikel tersebut mampu menembus ruang kosong, dan dapat diserap bahkan dibelokkan oleh permukaan keras.

Dengan data akumulasi partikel, ilmuwan dapat mempelajari lebih lanjut tentang pembangunan piramida bagian dalam monumen seperti menggunakan sinar x.

"Apa yang telah kami coba lakukan menggunakan teknologi barutersebut diharapkan dapat mengonfirmasi atau mengubah hipotesis bahwa, kami memiliki pengetahuan bagaimana piramida dibangun," kata Tayoubi.

Bukan hanya itu saja, muncul pendapat bahwa jasad Firaun Sneferu dimakamkan di sebuah ruang khusus dalam Piramida Bent. Tim mencoba menggunakan beberapa teknologi canggih untuk mencari kemungkinan ruang tersembunyi tersebut. 

Hasil tersebut muncul empat bulan setelah tim pimpinan Kunihiro Morishima dari The Institute for Advanced Research of Nagoya University, Jepang, memasang 40 lempengan muon detektor di dalam ruang bawah Piramida Bent.

"Dari lempengan ini, lebih dari 10 juta jejak muon telah dianalisa. Kami menghitung muon dan menurut distribusi sudut mereka, kami mampu merekonstruksi gambar," ujar Tayoubi.

"Untuk yang pertama kalinya, struktur dalam piramida telah diungkap dengan partikel muon. Gambar tersebut menunjukkan adanya ruang kedua piramida yang terletak kira-kira di atas lantai yang lebih rendah di mana emulsi pelat dipasang." (els)

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section